Bupati Indah Hadiri Semarak Budaya dan Tenun Rongkong

Mahasiswa KKN dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Semarak Budaya dan Tenun Rongkong, Sabtu (13/10/2018).

Bupati Indah Hadiri Semarak Budaya dan Tenun Rongkong
HANDOVER
Mahasiswa KKN dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Semarak Budaya dan Tenun Rongkong, Sabtu (13/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunLutra.com, Chalik Mawardi

TRIBUNLUTRA.COM, RONGKONG - Mahasiswa KKN dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Semarak Budaya dan Tenun Rongkong, Sabtu (13/10/2018).

Menurut mahasiswa, kegiatan ini mereka gelar sebagai wujud kepedulian kepada generasi pelanjut khususnya mereka yang masih sekolah di tingkat SD, SMP hingga SMA.

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Limbong, Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan dihadiri Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani.

Indah dalam sambutannya ketika membuka kegiatan yang digelar di desa terpencil tersebut mengungkapkan kehadirannya merupakan bentuk apresiasi.

"Kehadiran saya beserta rombongan kali ini merupakan wujud apresiasi kepada adik-adik penyelenggara atas terlaksananya kegiatan ini. Ini merupakan satu tindakan nyata untuk keberlangsungan budaya yang ada di daerah kita khususnya Tenun Rongkong ini," ucap Indah.

Ketua DPC Partai Gerindra Luwu Utara menyebut, Tenun Rongkong memiliki semboyan sekong sirendeng sipomandi mengajarkan kita tentang kebersamaan yang harus ada dalam membangun daerah.

Sehingga upaya-upaya pelestarian seperti ini patut di dukung dan galakkan bersama sebagai upaya pengenalan adab.

"Yang paling penting juga adalah tradisi ini bisa terus terjaga dan tidak berhenti hanya untuk kegiatan ini saja. Sebab baru-baru ini Luwu Utara meraih sertifikat dari Kemendikbud terkait warisan budaya tidak benda untuk tiga warisan tradisinya. Harapannya ke depan kita bisa dorong lagi tradisi-tradisi yang kita miliki seperti Tenun Rongkong ini sehingga mendapat pengakuan negara," katanya.(*)

Ket: Mahasiswa KKN dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo menggelar Semarak Budaya dan Tenun Rongkong, Sabtu (13/4/2018).

Penulis: Chalik Mawardi
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved