Sudah Tiga Bulan Warga Desa Palambarae Bulukumba Kekurangan Air Bersih

Beberapa warga desa harus rela menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer untuk mengambil air bersih ke desa tetangga.

Sudah Tiga Bulan Warga Desa Palambarae Bulukumba Kekurangan Air Bersih
firki arisandi/tribunbulukumba.com
Kemarau yang melanda Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), membuat beberapa desa mengalami kekurangan air bersih. 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Kemarau yang melanda Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) membuat beberapa desa mengalami kekurangan air bersih.

Salah satunya menimpa warga Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, sekitar 7 kilometer dari pusat kota Bulukumba.

Beberapa warga desa harus rela menempuh perjalanan sekitar 3 kilometer untuk mengambil air bersih ke desa tetangga, tepatnya di Desa Bijawang, Kecamatan Ujung Loe.

Menurut salahsatu warga, Nursiah, yang ditemui TribunBulukumba.com, Senin (24/9/2018), dalam sehari, dirinya datang ke sumber air yang berada dekat dari aliran sungai Bijawang sebanyak dua kali, yakni pagi dan sore hari.

Baca: Sejumlah Desa di Bulukumba Mulai Kekurangan Air Bersih

Baca: Warga Pulau Sembilan Sinjai Beli Air Bersih Rp 20 Ribu Per Gerobak

Air tersebut untuk kebutuhan air minum dan memasak. Sementara untuk mandi, ia dan warga lainnya harus berangkat ke sungai.

"Sumur kering. Kita tidak bisa berbuat banyak kecuali harus datang mengambil air disini (Desa Bijawang). Tiap hari kita begini," katanya.

Menurut Nursiah, kondisi tersebut sudah dialami selama kurang lebih tiga bulan lamanya. Hal tersebut diperparah karena air PDAM juga tak sampai ke daerah itu.

Bantuan air bersih dari pemerintah daerah (Pemda), juga tak kunjung datang hingga saat ini.

Nursiah berharap, pemerintah segera turun tangan mencarikan solusi terkait permasalahan yang dirasakan warga setiap tahunnya tersebut.

Kepala BPBD Bulukumba, Andi Akrim Amir yang dihubungi beberapa waktu lalu mengaku, saat pihaknya telah gencar melakukan pendataan terkait titik kekurangan air bersih di Butta Panrita Lopi.(*)

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved