Anggaran Dipotong, Aliansi Karang Taruna se-Bulukumpa Unjuk Rasa

Aksi tersebut dipicu lantaran adanya pemotongan anggaran Karang Taruna Aru Patulung di Desa Baruga Riattang, Kecamatan Bulukumpa

Anggaran Dipotong, Aliansi Karang Taruna se-Bulukumpa Unjuk Rasa
firki/tribunbulukumba.com
Puluhan pemuda yang mengatasnamakan dirinya sebagai Aliansi KarangTaruna se-Kecamatan Bulukumpa, berunjuk rasa di Kantor DPRD Bulukumba, Senin (27/8/2018) 

Laporan Wartawan TribunBulukumba.com, Firki Arisandi

TRIBUNBULUKUMBA.COM, UJUNG BULU - Puluhan pemuda yang mengatasnamakan dirinya sebagai Aliansi KarangTaruna se-Kecamatan Bulukumpa, berunjuk rasa di Kantor DPRD Bulukumba, Senin (27/8/2018).

Aksi tersebut dipicu lantaran adanya pemotongan anggaran Karang Taruna Aru Patulung di Desa Baruga Riattang, Kecamatan Bulukumpa sebesar Rp 19 juta oleh oknum bendahara desa.

Mereka menduga, dana tersebut diselewengkan oleh bendahara.

Pasalnya, dalam keputusan Musyawarah Desa (Musdes), telah ditetapkan dan disetujui sebesar Rp 25 juta dari anggaran dana desa (ADD).

Koordinator Lapangan (Korlap), Multazam, mendesak DPRD Bulukumba untuk memanggil pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Kepala Desa serta Bendahara Desa Baruga Riattang.

"Kami juga mendesak Dinas PMD agar melakukan anggaran perubahan di Desa Baruga Riattang. Serta memecat bendahara desa secara tidak terhormat" katanya.

Aksi para pengunjuk rasa kemudian diterima oleh beberapa anggota DPRD Bulukumba. Diantaranya Legislator PBB Safiuddin, Legislator Gerindra Muh Bakti, dan Legislator PAN Rudi Wahyudin.

Muh Bakti menuturkan, bahwa pihaknya mendukung aksi tersebut. Pasalnya, ADD dan BDD memang diperuntukkan untuk kemaslahatan masyarakat desa yang mana sebelumnya dana tersebut sudah disetujui melalui Musrenbang.

"Ini juga bisa dikonfirmasi ke Ketua BPD Desa Baruga Riattang, sebab disetujui atau tidaknya anggaran harus dengan persetujuan BPD," katanya.

Aksi tersebut kemudian berlanjut ke Kantor Dinas PMD Bulukumba dan Kantor Bupati Bulukumba.

Penulis: Firki Arisandi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved