15 Tahun Latih Paskibra, Begini Cerita Pelda Rustam

Prajurit TNI yang bertugas di Lantamal VI Makassar ini, tercatat sudah 15 tahun menjadi pelatih pasukan pengibar sang saka merah putih.

15 Tahun Latih Paskibra, Begini Cerita Pelda Rustam
Saldi/tribuntimur.com
Pelda Marinir Rustam. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Saldy

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Menjadi pelatih Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi kebanggan tersendiri bagi Pelda Marinir Rustam.

Prajurit TNI yang bertugas di Lantamal VI Makassar ini, tercatat sudah 15 tahun menjadi pelatih pasukan pengibar sang saka merah putih.

"Alhamdulilah, sudah 15 tahun saya melatih adik-adik Paskibraka. Menyatukan prinsip hingga mereka berhasil mengibarkan bendera merah putih adalah hal yang membuat saya bangga," ujar Rustam, Kamis (16/8).

Selama lima belas tahun menjadi pelatih, Pelda Rustam nyaris tidak mendapatkan duka selama melatih para pelajar tentang baris-berbaris secara baik dan benar.

Baca: Cantiknya Pasukan Paskibra Soppeng

Suka menjadi pelatih juga terasa disaat bisa menyerukan yel-yel dengan suara yang lantang.

"Ya banyak-banyak senangnya. Meski mereka (Paskibraka) dilatih dasar militer namun mereka tetap semangat tanpa mengeluh lelah. Anak Paskibraka ini anak yang luar biasa, negara bangga punya mereka," katanya.

Rustam membeberkan menjadi pelatih Paskib disaat ia masih berpangkat Sersan, dan tahun 2018 ini pangkatnya sudah Pelda di satua elite TNI AL, Marinir.

Selama 15 tahun silam sampai sekarang, Rustam mencatat bahwa ia telah melatih 1276 Paskibraka.

Baca: Innalillah! Cewek Paskibra Siswi MAN Ini Meninggal Dunia, Sakit Jantung atau Kecapekan Latihan?

Hanya saja, tahun 2018 ini membuat ia sedikit bimbang. Pasalnya, setahun lagi masa pensiunnya sebagai abdi negara sudah dimulai. Artinya, dirinya tidak lagi melatih para Paskibraka.

Pria kelahiran Takalar, 26 November 1966 ini juga mengharapkan, para purna Paskibraka kedepan bisa menekuni nilai-nilai Pancasila dan menjunjung tinggi jiwa nasionalis hingga akhir khayat.

"Tahun depan saya pensiun, semoga kita semua menjadi abdi bangsa yang baik. Loyalitas kita harus dijaga untuk keutuhan NKRI," ujar Rustam.(sal)

Penulis: Saldy
Editor: Mahyuddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help