Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Selayar Target Kurban 350 Sapi

Daging kurban nantinya akan dibagikan kepada yang berhak dan hal tersebut sudah didata oleh kelompok Sohibul Qurban.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Selayar Target Kurban 350 Sapi
handover
Pegawai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Selayar pantau sapi kurban, Kamis (9/8/2018). 

Laporan Wartawan TribunSelayar.com, Nurwahidah

TRIBUNSELAYAR.COM, BENTENG - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Selayar menarget sebanyak 350 sapi yang akan dikurbankan saat Hari Raya Iduladha 1439 H.

Hal itu dikemukakan oleh Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan masyarakat Veteriner Selayar, drh Ikhsan Fathoni Rahmat kepada Tribunselayar.com, Kamis (9/8/2018).

"Target hewan kurban di kecamatan daratan seperti Benteng, Bontoharu, Bontomanai, Buki, Bontomatene dan Bontosikuyu Selayar diestimasikan seperti tahun yang sebelumnya kurang lebih 350 sapi," katanya.

Dikatakan, Seksi Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner sejauh ini melakukan pelayanan terpadu kesehatan hewan dengan melaksanakan pelayanan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan hewan pada ternak secara gratis.

Baca: Sapi Kurban Presiden Jokowi Dipesan di Maros, Dinas Pertanian Datangi RPH

Baca: Jelang Iduladha, Dinas Pertanian dan Peternakan Luwu Periksa Kesehatan Hewan Kurban

"Sekaligus memantau ketersediaan hewan kurban di 22 desa di kecamatan Bontomanai dan  Bontomatene rata-rata per desa antara 5-10 ekor ternak yang akan dikurbankan dan sementara berjalan di kecamatan Buki, jadi kisaran 30 persen yang telah kami pantau," tuturnya.

"Bagi ternak yang sudah dipersiapkan untuk kurban, kami datangi dan inspeksi kesehatannya cukup umurnya dan sebagian besar dalam kondisi sehat dan layak untuk dikurbankan dan kami menerima panggilan dari panitia kurban untuk dicek kondisi kesehatannya," lanjutnya.

Daging kurban nantinya akan dibagikan kepada yang berhak dan hal tersebut sudah didata oleh kelompok Sohibul Qurban atau panitia kurban.

Ia berharap dalam pelaksanaan kurban selanjutnya dibentuk panitia kurban di setiap desa sehingga penyelenggaraan kurban semakin baik lagi supaya daging kurban dapat terdistribusi secara optimal.

Serta penanganan daging kurban juga semakin baik sehingga diperoleh daging yang aman, sehat, utuh, dan halal.

"Semoga pelaksanaan kurban akan semakin meningkatkan iman dan taqwa, karena berkurban juga merupakan konsekuensi iman dan taqwa," tambahnya.(*)

Penulis: Nurwahidah
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help