Ini Ancaman Hukuman Bagi Pelajar Pemakai Narkoba

Pemberian sanksi tegas untuk pelaku narkoba atau pemakai dan pengedar sudah diatur dalam Undang-undang nomor 35 tahun 2009.

Ini Ancaman Hukuman Bagi Pelajar Pemakai Narkoba
TRIBUN TIMUR/ANSAR
Kaurbinopsnal Sat Resnarkoba Ipda Junardi bersosialisasi bahaya narkoba di aula SMAN 1 Maros. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN-TIMUR.COM, MAROS - Kaurbinopsnal Sat Resnarkoba Polres Maros, Ipda Junardi mengimbau kepada semua siswa SMAN 1 Maros, maupun berbagai kalangan supaya menghindari narkoba, Senin (23/7/2018).

Menurutnya, jika ada yang kedapatan, maka akan ditindak tegas dan diproses secara hukum.

Hal itu dikatakannya saat bersosialisasi bahaya narkoba di aula SMAN 1 Maros, yang dihadiri oleh 350 desa.

Menurutnya, meski pemakai atau pengedarnya masih anak-anak atau usia sekolah, pasti akan ditindak. Jika tidak, maka akan merusak generasi.

"Sekarang, para bandar memanfaatkan anak dibawah umur untuk menjalankan aksinya. Makanya kami imbau, jangan pernah mau dipengaruhi meski diiming-imingi," katanya.

Pemberian sanksi tegas untuk pelaku narkoba atau pemakai dan pengedar sudah diatur dalam Undang-undang nomor 35 tahun 2009. Para pelaku diancam minimal lima tahun penjara.

Menurutnya, upaya penanganan penyalahgunaan narkoba harus dilakukan secara masif oleh semua pihak termasuk pemerintah, TNI-Polri dan Swasta.

Semua pihak harus melaksanakan strategi yang memadukan pengurangan persediaan (supply reduction) dan pengurangan permintaan (demand reduction)

"Kalau itu maksimal, program pencegahan, pemberantasan, dan peredaran gelap narkoba dapat berhasil. Sangat diperlukan keseriusan untuk memberantas narkoba," katanya.

Menurutnya, langkah preventif, pencegahan penyalahgunaan narkoba dikalangan generasi muda yakni dengan melakukan sosialisasi dan memberikan edukasi terhadap warga terutama generasi muda.

"Kita juga harus melakukan pembinaan relawan anti narkoba hingga mengakomodir partisipasi warga, untuk bisa berperan dalam penanggulangan narkoba sesuai dengan potensinya masing-masing," katanya.

Peran keluarga dan lingkungan sangat mendukung dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. (*)

Penulis: Ansar
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help