KPU Toraja Utara Minta Parpol Segera Ajukan Bacalegnya

Bisa saja pada saat hari akhir penutupan, jaringan bermasalah sehingga proses tersebut bisa terganggu.

KPU Toraja Utara Minta Parpol Segera Ajukan Bacalegnya
risnawati/tribuntoraja.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Toraja Utara mengelar rapat koordinasi dan persiapan pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Toraja Utara di Jl Pongtiku No 31 Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Selasa (10/7/2018) malam. 

Laporan Wartawan TribunToraja.com, Risnawati

TRIBUNTORAJA.COM, RANTEPAO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara mengelar rapat koordinasi dalam rangka sosialisasi PKPU 20 tahun 2018 dan SK KPU RI nomor 876, serta persiapan pengajuan bakal calon legislatif (Bacaleg) DPRD Toraja Utara.

Rapat yang dihadiri Bawaslu Toraja Utara dan pengurus serta petugas penghubung partai politik (Parpol) dihelat di halaman Kantor KPU Toraja Utara, Jl Pongtiku No 31, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Selasa (10/7/2018) malam.

Ketua KPU Toraja Utara, Bonnie Freedom menyampaikan hal-hal teknis sesuai dengan PKPU 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota dan SK KPU RI Nomor 876/PL.01.4-Kpt/06/KPU/VII/2018 tentang pedoman teknis pengajuan dan verifikasi anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kab/Kota.

"Kami dari KPU terus mengingatkan kepada parpol agar wajib memasukkan data pengajuan bakal calon dan data bakal calon serta mengunggah dokumen persyaratan pengajuan serta dokumen administratif bakal calon ke dalam sistem informasi pencalonan atau SILON," tuturnya kepada TribunToraja.com, Rabu (11/7/2018).

Dikatakan, parpol jangan menunggu sampai pada batas akhir pengajuan bakal calon. "Bisa saja pada saat hari akhir penutupan, jaringan bermasalah sehingga proses tersebut bisa terganggu," ujarnya.

Baca: Hingga Kini, Belum Ada Parpol yang Daftarkan Calengnya di KPU Bantaeng

Baca: Hari ke-7 Pendaftaran, Belum Ada Parpol Ajukan Daftar Caleg ke KPU Mamuju

Terkait kelengkapan administratif bakal calon seperti surat keterangan jasmani dan rohani dari rumah sakit (RS) milik Pemerintah, surat keterangan bebas penyalagunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif dari BNN, serta SKCK dari Kepolisian dan surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana penjara dari pengadilan agar secepatnya dilengkapi.

"Kami berharap agar parpol bisa mengatur dan mengkoordinasikan jadwal kedatangannya ke KPU Toraja Utara. Kami masih akan melanjutkan proses verifikasi dan penelitian terhadap kelengkapan administrasi daftar calon dan bakal calon," tuturnya.

Pada pertemuan ketiga kalinya yang diadakan bersama parpol dan berkaitan dengan pencalonan, pihak KPU berharap semoga parpol sudah bisa memahami semua proses dan ketentuan yang harus dipedomani sesuai dengan Undang-undang dan PKPU.(*)

Penulis: Risnawati M
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved