Satlantas Polres Enrekang dan Dinkes Lakukan Tes Urine Pengendara, Ini Tujuannya

Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pengecekan tensi darah dan tes urine.

Satlantas Polres Enrekang dan Dinkes Lakukan Tes Urine Pengendara, Ini Tujuannya
m azis albar/tribunenrekang.com
Satuan lalulintas (Satlantas) Polres Enrekang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Enrekang menggelar pemeriksaan kesehatan bagi para pengendara yang melintas di Poslantas, Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Senin (11/6/2018). 

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com, Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Enrekang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Enrekang menggelar pemeriksaan kesehatan bagi para pengendara yang melintas di Poslantas, Jl Sultan Hasanuddin, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, Senin (11/6/2018).

Satu per satu pengemudi kendaraan roda empat yang melintas diminta untuk menghentikan kendaraannya sejenak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi pengecekan tensi darah dan tes urine.

Menurut Kasat Lantas Polres Enrekang, AKP I Made Untung S, pemeriksaan kesehatan tersebut dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik.

"Selama ini banyak supir yang berkendara lelah kurang fit tapi dia paksakan untuk berkendara, apalagi kalau sudah kerja setoran, makanya kita cek kesehatannya," kata I Made Untung kepada TribunEnrekang.com, Senin (11/6/2018).

Baca: Yamaha Buka Posko Mudik di Empat Lokasi Ini, Begini Fasilitasnya

Baca: Elevated Road di Maros Jadi Spot Foto Pemudik

Terkait tes urine, I Made menjelaskan, hal itu untuk mengantispasi jangan sampai ada pengendara yang pakai Narkoba sebagai doping saat berkendara.

Itu lantaran, hal tersebut dapat berbahaya bagi diri sendiri dan juga pengendara lainya di jalan raya.

"Jadi dari hasil pengecekan kesehatan, jika ada pengemudi yang ditemukan kelelahan atau gunakan Narkoba, kami minta agar supirnya istirahat atau diganti," tuturnya.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh pengendara mematuhi rambu lalulintas saat berkendara. Tetap menjaga kecepatan sesuai batasan yang ada, jangan gunakan Handphone dan beristirahat saat lelah berkendara.

"Pengemudi yang kurang sehat atau lelah bisa cek kesehatan di pos yang telah disiapkan, itu demi keselamatan bersama keluarga," tuturnya.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help