CITIZEN REPORTER

631 Mahasiswa Unhas Bakal Jalani KKN Profesi Kesehatan di Takalar

Mahasiswa tersebut akan melaksanakan KKNPK pada 28 Juni hingga 11 Agustus 2018

631 Mahasiswa Unhas Bakal Jalani KKN Profesi Kesehatan di Takalar
CITIZEN REPORTER
Penyamaan persepsi tim KKN Profesi Kesehatan Unhas angkatan ke-57 dengan pemkab Takalar di ruang pola kantor Bupati Takalar, Kamis (7/6/2018). 

Citizen reporter Aminullah Ketua Pelaksana KKNPK Unhas angkatan ke-57

Tim pengelola KKN Profesi Kesehatan Unhas melakukan pertemuan dengan pihak pemerintahan Takalar untuk menyamakan persepsi pelaksanaan KKNPK Unhas angkatan ke-57 tahun 2018 yang dipusatkan di Kabupaten Takalar, Kamis (7/6/2018).

Mahasiswa tersebut akan melaksanakan KKNPK pada 28 Juni hingga 11 Agustus 2018.. 

Sebanyak 631 mahasiswa akan disebar dalam 5 kecamatan yaitu Pattallassang, Mangarabombang, Polongbangkeng Utara, Sanrobone, dan Galesong Selatan dengan menempati 57 desa/kelurahan.

Peserta KKN Profesi Kesehatan angkatan ke-57 berasal dari Fakultas Kedokteran 263 orang, Ners 98 orang, Fisioterapi 45 orang, Kedokteran Hewan 35 orang, Fakultas Kesehatan Masyarakat 66 orang, Fakultas Kedokteran Gigi 77 orang dan Fakultas Farmasi 47 orang.

Penyamaan persepsi ini dihadiri oleh pengelola KKN Profesi Kesehatan meliputi dr. Firdaus, Ph.D; Syamsuar, SKM, M.Kes, MSc.PH; dr. Arif Santoso, Sp.P(K)., Ph.D; Aminullah, S.Si., M.Pharm, Sc., Apt.; Hasnidar dan Ayu Kurniasih.

Dari unsur pemerintahan Takalar dihadiri oleh asisten III bidang administrasi umum, Hj. A. Herny AH; SE., MAP didamping kadis Kesehatan Takalar, kabag pemerintahan Takalar, camat, kepala desa/kelurahan, kepala Puskesmas.

Dalam sambutannya, Asisten III, Hj. A. Herny, SE., MAP mengharapkan agar kedatangan mahasiswa KKNPK dapat memberikan manfaat dan bersinergi dengan program desa/kecamatan. "Kami berharap camat dan kepala desa/kelurahan dapat membantu program mahasiswa KKNPK dan kegiatannya dapat berdampak positif dan mereka berkesan selama di Takalar" ujarnya.

Beberapa point penting dalam pertemuan ini meliputi penerimaan mahasiswa KKNPK di Kantor Bupati Takalar; mahasiswa KKNPK menggunakan transportasi dari Makassar menuju lokasi poskonya tiap desa/kelurahan; penempatan posko mahasiswa di rumah kepala desa/kelurahan; dan program kerja bersifat non-fisik.

Dalam sambutan pihak KKNPK oleh dr. Firdaus, Ph.D mengatakan bahwa pelaksanaan program KKNPK Unhas akan sejalan dengan program kerja pemkab Takalar. Program tersebut meliputi program ‘Gema Tasamara’ (Gerakan Masyarakat Tangkasa na Gammara); peningkatan kebersihan masyarakat; peningkatan paket B dan C serta pelaksanaan ibadah berjamaah. Program kerja lainnya untuk peningkatan kesehatan masyarakat meliputi program peningkatan kesehatan ibu hamil; peningkatan gizi khususnya stunting; Pola Hidup Bersih dan Sehat; Penanganan penyakit : ISPA, diare, TB, Kusta dan hipertensi; pelayanan kesehatan tradisional/battra serta home care.

Penyamaan persepsi ini berdasarkan hasil penjajakan lokasi sebelumnya oleh tim pengelola KKN Profesi Kesehatan yang dipimpin oleh dr. Firdaus Hamid, Ph.D dan Drs. Abdul Muzakkir Rewa, M.Si., Apt yang diterima oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Kabupaten Takalar, H. Basri Sulaeman, SE., MM didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar, Hj. Dr. Nilal Fauziah, M.Kes; direktur RSUD H. Padjonga Dg Ngalle, dr. Hj. Novita Yulianty; Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Sapri, S.KM., Ners., M.Kes; dan bagian pemerintahan, Islamuddin.

Selanjutnya, pembekalan mahasiswa nantinya akan dilaksanakan di Baruga AP Pettarani Unhas dengan mengundang Bupati Takalar dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar sebagai narasumber untuk memberikan gambaran awal Kabupaten Takalar kepada mahasiswa KKN pada 22-23 Juni 2018.

Penyamaan persepsi tim KKN Profesi Kesehatan Unhas angkatan ke-57 dengan pemkab Takalar di ruang pola kantor Bupati Takalar (7/6).

Penulis: CitizenReporter
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help