Ini Persiapan Polres Gowa Menuju Predikat Zona Integritas

Untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) atau wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi.

Ini Persiapan Polres Gowa Menuju Predikat Zona Integritas
handover
Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, bersama para pejabat Polres Gowa melakukan penandatanganan komitmen pembangunan Zona Integritas, di Aula Endra Dharmalaksana Polres Gowa, Minggu (3/6).

Laporan Wartawan Tribun Timur Wa Ode Nurmin

TRIBUN-TIMUR.COM, SUNGGUMINASA - Kapolres Gowa AKBP Shinto Silitonga, bersama para pejabat Polres Gowa melakukan penandatanganan komitmen pembangunan Zona Integritas, di Aula Endra Dharmalaksana Polres Gowa, Minggu (3/6/2018).

Penandatanganan komitmen ini dilaksanakan dalam rangka menuju predikat Zona Integritas. Yang penilaiannya langsung dari Mabes Polri.

"Saat ini Polres Gowa mempersiapkan menuju ke Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)," ujar Shinto.

Dia menjelaskan, sesuai dengan tatacara pembangunan zona integritas (ZI) maka dibutuhkan penandatanganan Komitmen dari para pejabat utama Polres Gowa sebagai suatu pakta integritas.

"Pakta ini menjadi indikator utama personil Polres Gowa menyatukan pandangan untuk membangun ZI," katanya.

Zona Integritas merupakan sebuah predikat yang diberikan kepada lembaga instansi yang pimpinan dan jajarannya berkomitmen untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi (WBK) atau wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi.

Dimana untuk mendapat predikat Menuju WBK/WBBM harus memenuhi sebagian besar manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan penguatan kualitas pelayanan publik.

Sesuai dengan Perpres No. 10 tahun 2012, tentang Grand Desain Reformasi Birokrasi Pemerintah, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik kepada masyarakat.

Shinto menambahkan jika Polres Gowa adalah satu dari dua instansi Kepolisian di Sulsel yang diusulkan masuk ke Zona Integritas tersebut, selain Polrestabes Makassar.

"Kemarin April ketika kami menerima kunjungan Karo RBP Srena Mabes Polri, mereka melihat banyak perubahan signifikan di Polres Gowa. Sehingga dari pengamatan itu mereka meyakinkan tim ZI dengan mengusulkan Gowa masuk," jelasnya.

Untuk menuju predikat itu, Lanjut Shinto, Polres Gowa telah berupaya melakukan pembenahan dan persiapan, bahkan menciptakan aplikasi berbasis TI (Teknologi Informasi) guna mempermudah dan mempercepat masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

“Melalui penandatangan komitmen ini, Polres Gowa siap menjadi instansi yang berpredikat ZI (Zona Integritas)," tambahnya.

Penandatangan ini dilakukan antara Kapolres Gowa dengan beberapa PJU. Seperti Kabag Ops, Kabag Ren, jajaran kepala Satuan (Kasat) dan Kepala seksi (Kasi) fungsi. (*)

Penulis: Waode Nurmin
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved