Danrem Mamuju Tutup TMMD ke-101 di Polman, Ini Pesannya

Upacara penutupan berlangsung di lapangan Pancasila Kabupaten Polman, Kecamatan Polewali, dipimpin langsung oleh Kolonel Taufik Shobri

Danrem Mamuju Tutup TMMD ke-101 di Polman, Ini Pesannya
nurhadi/tribunsulbar.com
Danrem 142 Tatag, Kolonel Inf Taufik Shobri, menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 1402 Polewali Mamasa (Polmas) di Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polman, Sulbar, Kamis (3/5/2018) 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Danrem 142 Tatag, Kolonel Inf Taufik Shobri, menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 Kodim 1402 Polewali Mandar (Polman) di Desa Lenggo, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polman, Sulbar, Kamis (3/5/2018)

Upacara penutupan berlangsung di lapangan Pancasila Kabupaten Polman, Kecamatan Polewali, dipimpin langsung oleh Kolonel Taufik Shobri.

Upacara penutupan dihadiri Plt. Bupati Polman, Amujib, Paban-3 Sterad Kolonel Inf. Agustinus, Pa Ahli Kodam XIV Hasanuddin, Ketua Persit Koorcabrem 142 Tatag Ny. Melly Shobri, Ketua DPRD Polman, Ir. Fariruddin, seluruh unsur Forkopimda Polman dan para kepala organisasi perangkat daerah (OPD).

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono, selaku penanggung jawab operasional (PJO) TMMD yang dibacakan oleh Danrem 142 Tatag mengatakan, bahwa TNI manunggal dan rakyat membangun adalah karakter dan kemandirian bangsa.

"Saya berharap agar TMMD tidak hanya menghasilkan output berupa fisik semata, namun juga mampu membangun karakter bangsa khususnya generasi mudanya. Hal ini penting karena output tersebut akan mendorong outcome yang sangat berharga yaitu generasi muda yang kompetitif ,"katanya.

Meski secara ekonomi global Indonesia masih dalam kategorikan baik. Namun hingga kini kita belum dalam membebaskan masyarakat dari garis kemiskinan dan kesenjangan.

Bahkan tanpa di sadari di tengah kebanggaan sebagai negara yang demokratis, justru Indonesia tengah mengalami kerentanan konflik dengan menguatnya politik identitas dan meluasnya berita hoaks dan ujaran kebencian yang berbau sara hampir di seluruh wilayah Indonesia.

"Oleh karena itu pada kesempatan ini, mengajak seluruh komponen bangsa agar berpartisipasi aktif dalam pembangunan nasional dengan memanfaatkan pesta demokrasi ini secara bijak dan bertanggung jawab,"ujarnya.

Ia menjelaskan, saat ini bangsa Indonesia tengah memasuki era revolusi industri generasi ke-4. Tehnologi digital telah menjadi tulang punggung dalam berbagai aktivitas masyarakat, baik untuk kepentingan pribadi, sosial masyarakat maupun pemerintahan.

Dalam kontek pertahanan, lanjutnya, diseminasi teknologi dan mitigasi resiko global telah berhasil menggeser hakekat ancaman dan paradigma dari perang konvensional menjadi perang komplek dan tidak terbatas yang di kenal dengan Unrestricted War. Tidak hanya menggunakan kekuatan militer tapi juga non militer.

Untuk menghadapi situasi diatas, menurutnya, Indonesia harus memiliki sistem pertahanan negara yang terintegratisi baik dari aspek militer maupun non militer. Sistem yang di maksud melalui program TMMD yang sasarannya tidak hanya pembangunan kekuatan wilayah pertahanan yang tangguh namun juga pembangunan fisik dan non fisik.

"Tercatat sekitar 272 sasaran fisik telah dituntaskan berupa pembagunan sarana transportasi dan rehabilitasi jalan, pembuatan dan perbaikan sarana irigasi dan sanitasi, rumah ibadah, tempat tinggal dan sekolah serta berbagai pusat kegiatan masyarakat,"ucapnya.

Disebutkan, TMMD Ke 101 Kodim 1402 Polmas yang berlangsung 30 hari, telah berhasil melakukan pelebaran jalan 6000 meter dengan lebar 4,5 M, pembangunan duiker 7 unit, rumah dinas SMP Negeri satu atap Lenggo 2 unit, jamban 150 unit di Kecamatan Bulo. Sementara kegiatan non fisik yakni penyuluhan pertanian, kelestarian hutan, lingkungan, hukum, wasbang, KB kesehatan serta bhakti sosial.

Penutupan TMMD Ke 101 Kodim 1402 Polmas dirangkaikan dengan pemberian bingkisan kepada kaum duafa dan bakti sosial berupa sunatan massal yang diikuti oleh ratusan anak anak di wilayah Polman.

Penulis: Nurhadi
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help