Kasus Pencurian Dominasi Laporan Masuk di SPKT Polres Mamuju

Februari sebanyak 3 kasus penipuan dan penggelapan, 6 kasus penganiayaan, 24 pencurian, 1 kebakaran dan 3 Narkoba.

Kasus Pencurian Dominasi Laporan Masuk di SPKT Polres Mamuju
nurhadi/tribunsulbar.com
Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Mamuju 

Laporan Wartawan TribunSulbar.com, Nurhadi

TRIBUNSULBAR.COM, MAMUJU - Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Mamuju, menyebutkan sedikitnya 93 laporan kasus yang diterima selama dua bulan terakhir Januari-Februari 2018.

Hal itu disampaikan Ps Paur Humas Polres Mamuju, Brigpol Muhammad Hasbi kepada TribunSulbar.com, saat ditemui di Mapolres, Jl Ks Tubun, Kelurahan Rimuku, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Senin (12/3/2018).

Ia menjelaskan, dari 93 kasus tersebut tersebut sebanyak 75 kasus yang paling menonjol, pada Januari sebanyak 13 kasus penipuan dan penggelapan, 7 kasus penganiayaan, 12 pencurian, 1 pemalsuan dokumen, 1 kekerasan dalam rumah tanggan (KDRT), dan 4 Narkoba.

Sementara pada Februari sebanyak 3 kasus penipuan dan penggelapan, 6 kasus penganiayaan, 24 pencurian, 1 kebakaran, dan 3 narkoba.

"Dari semua laporan yang masuk, kebanyakan diungkap oleh tim phyton yang dibentuk oleh pimpinan kami Kapolres Mamuju, yang mana tugasnya khusus menangani kasus-kasus menonjol seperti pencurian, narkoba, dan penganiayaan," kata Habsi.

Baca: Pencurian Marak di Luwu Utara, Polres Minta Warga Lakukan Ini

Baca: Waspada! RSUD Barru Rawan Pencurian Ponsel dan Dompet

"Dari 93 kasus tersebut, sekitar 50 persen sudah dalam tahap penyelesaian pihak Reskrim atau sudah dilimpahkan ke Jaksa," ujarnya menambahkan.

Sementara jika dibandingkan laporan Januari-Februari 2017, hampir tidak mengalami penurunan. Dimana pada kurung waktu tersebut, SPKT Polres Mamuju menerima laporan kasus sebanyak 99 laporan kasus, dan yang paling menonjol sebanyak 72 kasus.

Masing-masing Januari, kasus penipuan dan penggelapan 5 kasus, penganiayaan 13 kasus, pencurian 32 kasus, 2 kasus KDRT dan 2 kasus narkoba. Sementara pada Februari sebanyak 5 kasus penipuan dan penggelapan, 1 kasus penganiayaan, 2 kasus narkoba, dan 10 kasus pencurian.

"Keberadaan tim phyton sangat berpengarus terhadap kecepatan pengungkapan kasus di wilayah hukum Polres Mamuju, karena memang mereka dituntu lebih cepat dalam hal pelaksanaan tugas utamanya kriminal, pencurian dan narkoba," tuturnya.(*)

Penulis: Nurhadi
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help