Akibat Cuaca Buruk, Empat Pohon Tumbang di Enrekang dalam Waktu Dua Bulan

Terakhir terjadi pohon tumbang Kamis (8/3/2018) lalu di dua titik berbeda, salah satunya di depan Kantor Telkom Enrekang.

Akibat Cuaca Buruk, Empat Pohon Tumbang di Enrekang dalam Waktu Dua Bulan
HANDOVER
pohon tumbang Kamis (8/3/2018) lalu di dua titik berbeda salah satunya di depan Kantor Telkom Enrekang.

Laporan Wartawan TribunEnrekang.com Muh Azis Albar

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG-Buruknya cuaca yang terjadi dalam dua bulan terakhir di KabupatenE Enrekang mengakibatkan sejumlah pohon tumbang,

Data yang diperoleh dari Pusdalops BPBD Enrekang, sejak Februari hingga Maret 2018 sudah terjadi empat kali bencana pohon tumbang.

Terakhir terjadi pohon tumbang Kamis (8/3/2018) lalu di dua titik berbeda, salah satunya di depan Kantor Telkom Enrekang.

Tiga pohon jenis Mahoni, Ketapang dan Kelapa tumbang membentang di tengah jalan poros serta menimpa kabel listrik milik PLN. Sehingga aliran listrik terputus mulai sore hingga malam hari.

Sementara, di titik lainnya terjadi di depan kantor Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Enrekang yang menggangu arus lalu lintas di jalan itu.

Sebelumnya, pohon tumbang juga terjadi di Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja dan Desa Cendana Kecamatan Cendana beberapa waktu lalu.

Dari keempat peristiwa itu, di Desa Bambapuang dan Desa Cendana yang lebih parah karena pohon menimpa rumah warga.

Akibatnya, tiga rumah warga mengalami rusak parah di bagian dapur. Untuk meringankan beban korban, BPBD Kabupaten Enrekang sudah menyalurkan bantuan logistik, berupa alat bangunan, bahan pakaian dan makanan siap saji.

Menurut Kepala BPBD Enrekang, Benny Mansjur, semua kejadian tersebut disebabkan oleh angin kencang saat hujan turun.

Apalagi, intensitas hujan di Kabupaten Enrekang sejak Januari lalu tergolong tinggi.

"Cuaca disini memang tergolong ekstreem, kita prediksi hingga bulan Maret, curah hujan di Enrekang masih sangat tinggi," kata Benny kepada TribunEnrekang.com, Minggu (11/3/2018).

Ia mengimbau kepada seluruh warga agar berhati-hati dan selalu waspada saat turun hujan yang disertai angin kencang.

“Wilayah kita sangat rawan terjadi pohon tumbang. Kepada seluruh masyarakat selalu waspada. Jika terjadi bencana zegera laporkan ke kantor BPBD,” ujarnya.(*)

Penulis: Muh. Asiz Albar
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved