Tribun Nongki

Herman Heizer Ungkap Penyebab Startup Gagal Berkembang

Herman Heizer membeberkan penyebab Startup gagal berekembang di acara Tribun Nongki, Jumat (2/3/2018).

Herman Heizer Ungkap Penyebab Startup Gagal Berkembang
MUH ABDIWAN
Tribun Nongki kembali digelar, kali ini Tribun Timur bekerja sama dengan Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulsel di lantai 4 Gedung Tribun Timur Jl Cendrawasih No 430 Makassar, Jumat (2/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR --Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Sulsel, Herman Heizer membeberkan penyebab Startup gagal berekembang di acara Tribun Nongki, Jumat (2/3/2018).

Penyebab pertama menurut Herman ialah mental para penggiat Startup yang tidak berjiwa petarung, dimana saat memulai berbisnis langsung ingin berpenghasilan.

Baca: Di Tribun Nongki, Putut Putranto Ungkap 95 Persen Startup Gagal Karena Hal Ini

Padahal startup membutuhkan waktu rata-rata lima tahun untuk bisa berjalan normal dan dikenal masyarakat luas seperti halnya GO-JEK dan Bulapak yang sempat dicuekin.

Selain itu, kebanyakan penggiat startup terlalu memaksakan dalam hal penghasilan dan pengeluaran seperti belum saatnya membeli mobil sudah beli mobil sehingga kondisi keuangan labil.

"Jangan terlena dengan pendapatan satu dua tahun, baru bisa beli motor langsung beli mobil sehingga roda bisnis kurang sehat, akhirnya tidak tumbuh lagi," kata Herman.

Baca: Ketua HIPMI Sulsel Sebut Banyak StartUp Layu Sebelum Berkembang

Ia pun menambahkan bahwa penggiat Startup harus sering-sering berkomunikasi dengan sesama penggiat Startup termasuk para pengusaha senior untuk meminta pandangan.(*)

Penulis: Hasrul
Editor: Anita Kusuma Wardana
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved