Pegadaian Segera Luncurkan Program Gadai Tanah

PT Pegadaian (Persero) pada awal triwulan II tahun ini berencana meluncurkan produk gadai tanah.

Pegadaian Segera Luncurkan Program Gadai Tanah
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR
Karyawan Pegadaian melayani nasabah di kantor Pegadaian Wilayah VII, Makassar, Jl Andi Mappanyukki, Selasa (15/12/2015)

Laporan Wartawan Tribun Timur, Muhammad Fadhly Ali

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-- PT Pegadaian (Persero) pada awal triwulan II tahun ini berencana meluncurkan produk gadai tanah.

Direktur Keuangan dan Teknologi Informasi Kantor Pusat Pegadaian, Teguh Wahyono yang ditemui belum ini menuturkan, pihaknya berencana memperluas produk gadai, yang saat ini masih didominasi gadai emas.

"Salah satu produk yang bakal diluncurkan adalah produk gadai tanah. Saat ini kan ada program sertifikasi tanah, terutama tanah pertanian," kata Teguh sapaanya.

Kendati tanah pertanian bersertifikat dan produktif, tanah sebenarnya tak bisa digadaikan dalam konsep gadai konvensional.

"Untuk itu gadai tanah akan menggunakan konsep gadai syariah dengan akad qardh rahn," ujarnya.

Guna menyokong produk tersebut, Pegadaian bekerja sama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang, serta Badan Pertanahan Nasional, sehingga pengecekan sertifikat tanah bisa lebih cepat.

"Kami ingin host to host dengan Kementerian ATR dan BPN, sudah on schedule, tinggal selangkah lagi doakan saja yah," ujarnya.

Kepala Kanwil VI Pegadaian Makassar, Benzani menyambut baik hal tersebut. Apalagi, di Sulsel memiliki banyak lahan pertanian.

"Petani tidak susah lagi cari modal. Produk ini berdasar pada syariah. Sehingga bila jatuh tempo kita tidak menyita Tanah yang digadai," katanya. (*)

Penulis: Muhammad Fadly Ali
Editor: Ardy Muchlis
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help