TribunTimur/

Di Kota Palopo Ada 17 Ribu Jumlah Penduduk Ganda

Penduduk ganda disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan data kepindahannya dari satu daerah ke daerah lain.

Di Kota Palopo Ada 17 Ribu Jumlah Penduduk Ganda
hamdan soeharto/tribunpalopo.com
Anggota Komisi I DPRD Kota Palopo 

Laporan Wartawan TribunPalopo.com, Hamdan Soeharto

TRIBUNPALOPO.COM,WARA - Sedikitnya ada 17 ribu jumlah penduduk ganda di Kota Palopo, Sulawesi Selatan. Data itu berasal dari DPRD Komisi satu saat melakukan kunjungan di Kementrian Kependudukan RI.

Kepada TribunPalopo.com, Jumat(12/1/2018), anggota Komisi I DPRD Palopo Alfri Jamil mengatakan, 17 ribu penduduk ganda itu dari 205.078 jumlah penduduk yang ada di Kota Palopo.

"Selain itu loncatan penduduk Palopo dari Tahun 2013 ke 2017 hanya sekitar 5.000," kata Alfri Jamil. Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Tenriawati membenarkan hal tersebut.

Menurutnya penduduk ganda disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan data kepindahannya dari satu daerah ke daerah lain.

Baca: Rumah Pejabat Disdukcapil Palopo Nyaris Ludes Dilalap Api

Baca: Sebelum Perhelatan Pilkada, Dukcapil Palopo Target Perekaman e-KTP Rampung 90%

"Kalau ada penduduk baru datang ke Palopo dan membuat kartu keluarga kita tidak tahu kalau dia ternyata belum mutasi penduduk. Nanti setelah dilakukan perkeman e-KTP baru diketahui bahwa sudah melakukan e-KTP di daerah lain," tuturnya.

Untuk mengatasi hal itu, Dukcapil Palopo akan melakukan verifikasi dengan mengunjungi satu per satu rumah warga. Warga yang memiliki kependudukan ganda akan diberikan pilihan untuk memperjelas status kependudukannya.

"Nanti kita akan verifikasi dari rumah ke rumah untuk mengatasi hal ini," katanya. Saat ini jumlah penduduk Palopo yang wajib perekaman e-KTP sebanyak 145.476. Yang belum melakukan perekaman tercatat 31.396 warga.(*)

Penulis: Hamdan Soeharto
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help