TribunTimur/

Idul Adha

Jokowi Beli Sapi ‘Kliwon’ di Sulbar, Harganya Setara 4 Motor Matic

Sapi jenis simental seberat 1,1 ton itu dibeli seharga Rp 60 juta oleh Presiden Joko Widodo

Jokowi Beli Sapi ‘Kliwon’ di Sulbar, Harganya Setara 4 Motor Matic
KOMPAS.com/ Junaedi
Sapi kurban berbobot 1,1 ton milik peternak di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dibeli Presiden Jokowi seharga Rp 60 juta. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Saeman, peternah di Dusun Majalengka, Desa Campurjo, Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar), sudah lama memimpikan sapi peliharaannya dibeli seorang Presiden.

Kini impiannya itu jadi kenyataan. Sapi jenis simental seberat 1,1 ton itu dibeli seharga Rp 60 juta oleh Presiden Joko Widodo. Jika harga sepeda motor matic rata-rata Rp 15 juta per unit, maka harga sapi tersebut setara dengan empat motor matic.

“Memang saya pernah dalam hati kecil saya supaya dibeli Presiden,” ucapnya dalam wawancara dengan KompasTV.

Ia merasa bangga karena ada sapi dari Sulawesi, khususnya Polewali Mandar, yang dibeli oleh orang nomor satu di republik ini.
Sejak dibeli, sapi itu mendapat perawatan ekstra. Rencananya sapi itu akan disembelih pada perayaan Idul Adha sebagai hewan kurban.

Sapi jenis simental berumur tiga tahun ini mendapat perawatan ekstra sejak dua pekan terakhir ini. Saeman, bangga karena sapi berbobot 1,1 ton ini kini milik orang nomor satu di Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo membeli sapi jenis simmental berbobot 1,1 ton, seharga Rp 60 juta dari Saeman, peternak Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Gubernur Sulbar Ali Baal Masdar usai meninjau langsung sapi itu, Senin (28/8/2017), menceritakan proses pencarian sapi kurban tersebut. Menurut dia, pihak istana menelepon dirinya untuk mencarikan sapi berbobot minimal 800 kilogram (kg).

Setelah melalui proses pencarian panjang ke sejumlah peternak akhirnya ditemukan sapi seberat 1,1 ton itu. Pihak istana pun menyetujui untuk membeli sapi kesayangan milik Saeman tersebut sebagai sapi kurban.

“Presiden minta minimal 800 kilogram. Setelah saya cari ke setiap kabupaten di Sulbar akhirnya ditemukan sapi milik Saeman yang beratnya 1,1 ton. Nah inilah yang dibeli Presiden Jokowi untuk hewan kurban,” ucap Ali dilansir Kompas.com.

Dia menyebutkan, setelah melalui proses pemeriksaan petugas kesehatan hewan setempat, sapi yang diberi nama Kliwon oleh pemiliknya itu bebas dari penyakit dan layak untuk menjadi hewan kurban.

Rencananya sapi tersebut akan dikurbankan untuk masyarakat Sulawesi Barat pada Hari Raya Idul Adha, Jumat (1/9/2017). Saat ini Kliwon masih dititipkan di kandang milik Saeman di belakang rumahnya.(*)

Editor: Aqsa Riyandi Pananrang
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help