wisata sulsel

Asik Buat Kemping, Cocok Buat Jomblower

Mendapatkan kayu bakar pun tak sulit. Di kaki bukit terdapat hutan kecil dimana terdapat banyak ranting kayu yang bisa digunakan sebagai bahan

Asik Buat Kemping, Cocok Buat Jomblower - bukit-pembuangan-jomblo-maros_20170724_203734.jpg
Pengunjung berfoto di puncak bukit “pembuangan jomblo” di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, dan di puncak Bukit Kanari di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, belum lama ini. Lokasi tersebut asik dijadikan wisata kemping, Minggu (24/7/2017)
Asik Buat Kemping, Cocok Buat Jomblower - bukit-kanari-dusun-malaka-maros_20170724_203241.jpg
Pengunjung berfoto di puncak bukit “pembuangan jomblo” alias Bukit Mattirowalie di Desa Rompegading, Kecamatan Cenrana, dan di puncak Bukit Kanari di Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, belum lama ini. Lokasi tersebut asik dijadikan wisata kemping, Minggu (23/7/2017)

SUASANA tenang dan asri dengan keberadaan pepohonan dan rumput hijau membuat Bukit Kenari yang berada di wilayah Kabupaten Maros ini jadi destinasi pilihan untuk kegiatan wisata kemping (camping). 

Lokasinya berada di perbukitan Dusun Malaka, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari ibu kota Kabupaten Maros, Turikale. Di atas bukit, pengunjung leluasa menikmati panorama keindahan alam dari ketinggian sambil menikmati cemilan dan minuman hangat di sekitar tenda.

Lebih asik lagi melakukan kegiatan bakar-bakar ikan untuk disantap sebagai menu makan siang atau malam jika menginap di bukit tersebut. Namun, disarankan berhati-hati dan menjaga kebersihan saat bakar-bakar ikan agar mencegah kebakaran maupun kebersihan alam sekitar.

Baca: Mau Liburan, Coba ke Bukit Pembuangan Jomblo dan Kanari di Cenrana Maros

Mendapatkan kayu bakar pun tak sulit. Di kaki bukit terdapat hutan kecil dimana terdapat banyak ranting kayu yang bisa digunakan sebagai bahan pembakaran.

Datang ke lokasi ini sebaiknya jangan kesiangan, apalagi saat hari libur atau akhir pekan karena destinasi ini kerap ramai disambangi pengunjung lain yang ingin berkemping di puncak bukit. Sekitar belasan tenda kemping saja yang bisa dimuat.

Agar kebagian tempat dan lokasi yang bagus untuk kemping, sebaiknya datang lebih awal.

Pembuangan Jomblo
Pengunjung juga bisa mengeksplorasi destinsi lain yang tak jauh dari Bukit Kanari yaitu ke Bukit Mattirowalie yang memiliki puncak yang disebut "Pembuangan Jomblo" Mattyang berada di wilayah desa tetangga, Desa Rompegading.

Meski beda desa, jarak Bukit Kanari dengan Bukit Jomblo hanya sekitar 200 meter. Tiga menit jalan kaki sudah sampai lah. Konon, bukit ini sering jadi sasaran pengunjung yang belum punya pasangan alias jomblower dengan harapan bisa mengakhiri masa jomblonya setelah menjejaki bukit ini.

Baca: Jika Malam, Warga Cenrana Penuhi Pos Ronda Cari Sinyal Telepon

Menurut seorang pemandu ke destinasi ini, Ibet, nama itu pemberian warga setempat. "Warga yang berikan nama itu karena rata-rata yang pengunjungnya datang tanpa pasangan. Mereka berharap status jomblonya bisa hilang setelah mengunjungi bukit ini,” ujarnya, Senin (24/7).

Puncak Bukit Kanari dan Bukit "Jomblo" Mattirowalie pun jadi spot foto kekinian pengunjung.

Masih Gratis

Kendaraan roda dua lebih mudah digunakan untuk mengakses lokasi puncak Bukit Kanari. Kondisi jalan belum memadai untuk dijajal kendaraan roda empat.
Meski demikian, kondisi motor pun harus prima untuk menjajal akses jalan ke lokasi karena jalan menuju puncak menanjak sekitar 1 kilometer.

Soal biaya, masuk ke destinasi wisata kemping tersebut masih digartiskan oleh pengelola dari pemerintah desa setempat. Mumpung gratis dan ada yang masih jomblo, tak ada ruginya mencoba menyiapkan tenda dan bekal bersama teman-teman merasakan wisata kemping di Puncak Bukit Kanari.(*)

Penulis: Ansar
Editor: Ridwan Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved