Konsultasi Tribun Health

Jika Bayi Alergi Susu Sapi

Alergi susu sapi adalah penyakit akibat reaksi imunologik yang timbul setelah pemberian susu sapi atau makanan yang mengandung susu sapi,

Jika Bayi Alergi Susu Sapi
AMAZINE.CO
Ilustrasi bayi minum susu 

Laporan Wartawan Tribun Timur Hasrul

Dokter saya ingin bertanya tentang alergi susu protein sapi pada anak Bayi saya skrg sudah berusia 6 bln lebih, sejak lahir sudah saya berikan susu formula dan juga ASI, krn produksi ASI saya sangat sedikit Saya tidak pernah mengganti ganti produk susu, Bayi saya sering keluar seperti gatal kemerahan pada kulit dibelakang kepala, waktu tidur hidung terkadang seperti sumbat dan mendengkur atau bersuara "grok-grok", bayi sy juga sering batuk dan susah sembuhnya meski sudah ke dokter Awalnya saya pikir akan hilang dengan sendirinya, ternyata tidak tanda2 spt itu sering muncul dan hilang. Apakah bayi saya alergi dg susu sapi dok? Mohon informasinya mengenai alergi susu pada anak danapkah dampaknya berbahaya? Terimakasih

+62812426578xxx

Alergi susu sapi adalah penyakit akibat reaksi imunologik yang timbul setelah pemberian susu sapi atau makanan yang mengandung susu sapi. Terdapat sekitar 2,5% anak mengalami alergi susu sapi.

Gejala-gejala yang sering muncul dapat berupa bercak kemerahan di wajah dan badan, batuk pilek di sertai bersin bersin bahkan sampai sesak dan bisa juga anak mengalami diare.

Gejala-gejala yang muncul pada anak ibu bisa saja merupakan gejala alergi terhadap susu sapi apalagi sering berulang. Untuk memastikannya segera konsultasikan ke dokter spesialis anak karena bila tidak segera di atasi akan menyebabkan infeksi pada kulitnya, intake tidak terjamin akibat batuk dan sesak sehingga berdampak pada pertumbuhan dan perkembangannya.

Jawaban dokter spesialis anak, dr Dr Nadira SpA

Penulis: Hasrul
Editor: Ina Maharani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved