TribunTimur/

RS Tolak Pasien

Ini Alasan Dirut RS Wahidin

Ini Alasan Baru Dirut RS Wahidin

MAKASSAR, TRIBUN-TIMUR.COM--Meninggalnya bocah Revan akibat ditolak diempat rumah sakit di Kota Makassar, termasuk di RSUP Wahidin Sudirohusodo, saat seharusnya dia segera mendapat penanganan medis karena diare, mendapat perhatian besar dari masyarakat Makassar.

Berikut penjelasan Direktur RSUP Wahidin, Prof dr Abd Kadir Sp THT-KL PhD.

Saat tiba di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar, pasien Revan Adhyaksa (1,3 tahun) sudah dalam kondisi yang tidak sadarkan diri sehingga membutuhkan fasilitas PICU untuk mendapatkan penanganan.

"Pasisen datang, dia sudah tidak sadar. Kalau dia sudah tidak sadar, perlu fasilitas PICU sedangkan PICU kami lagi penuh. Maka ditanyalah keluarganya agar dirujuk di rumah sakit yang ada fasilitas PICU-nya. Ditanya keluarganya, keluarganya setuju dirujuk di rumah sakit lain karena PICU penuh. Akhirnya dirawatlah dia dan sempat dirawat di RS Akademis, dirawat," ujar Direktur RS Wahidin Sudirohusodo, Prof dr Abd Kadir Sp THT-KL PhD saat dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Kamis (27/6/13).

Pasien dirujuk ke Rumah Sakit lain karena fasilitas PICU kami lagi penuh. Kita menanyakan ke keluarga pasein mau tidak dirujuk ke rumah sakit lain yang juga memiliki fasilitas PICU dan keluarganya setuju.

Prof dr Kadir menambahkan bahwa pasien masuk ke Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo sejak 23 Juni pukul 23.00 Wita.

Namun karena fasilitas PICU RS Wahidin Sudah penuh dan kondisi pasien yang sudah tak sadarkan diri maka diperlukan perawatan lengkap di PICU hanya saja pada saat itu PICU di RS Wahidinsudirohusodo penuh sehingga pihak rumah sakit menanyakan keluaraga pasien agar dirujuk ke rumah sakit lain di Makassar yang memiliki fasilitas PICU sehingga bisa segera dilakukan penanganan.

"Jadi tidak benar ditolak karena Jamkesda. Dan kita tidak menolak pasien. Kami tidak menolak pasien," tambah Kadir.

Penulis: Suryana Anas
Editor: Imam Wahyudi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help