Senin, 22 Desember 2014
Tribun Timur

Ilmuwan Perancis Ciptakan Selubung Panas

Rabu, 28 Maret 2012 15:00 WITA

MARSEILLE, TRIBUN-TIMUR.COM - Ilmuwan asal Perancis berhasil menciptakan selubung panas yang bisa membuat titik panas tidak terdeteksi. Publikasi hasil eksperimennya muncul di jurnal Optics Express minggu ini.

Untuk menciptakannya, Sebastian Guenneau dari University of Aix Marseille dan rekannya membuat susunan cincin dengan material yang punya kemampuan menghantarkan dan melepaskan panas yang berbeda.

Contoh, logam bisa menghantarkan panas dengan baik, sementara plastik tidak.

Dengan susunan material berbeda secara bergantian, panas akan mengalir area yang disebut "invisibility region" sehingga membuat apapun yang ada di daerah tersebut tak terlihat.

Pengujian dilakukan dengan kamera inframerah yang biasa dipakai untuk mendeteksi objek berdasarkan panas.

"Idenya adalah mengarahkan panas ke suatu area yang akan dilindungi dari panas," kata Guenneau seperti dikutip Discovery, Rabu (27/3/2012).

Eksperimen membuktikan bahwa kamera inframerah tak berhasil mencitrakan area invisibility karena tak ada perbedaan panas dengan daerah sekitarnya. Panas berdifusi.

Yang menarik dari eksperimen ini adalah bahwa pembuatan selubung panas tak membutuhkan material yang sangat istimewa. Ini membuktikan bahwa selubung bisa dibuat secara lebih sederhana.

Aplikasi selubung panas cukup luas. Dalam dunia militer, selubung panas bisa diaplikasikan pada seragam prajurit sehingga memungkinkannya tak terdeteksi oleh inframerah.

Namun, aplikasi yang lebih dekat adalah pada perangkat elektronik, komputer dan komunikasi. Saat ini, dibutuhkan biaya besar untuk menjaga server internet tetap dingin. Dengan selubung panas, pendinginan bakal tak diperlukan lagi.(*/tribun-timur.com)
Editor: Muh. Irham
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas