Konsultasi Kesehatan

Hamil Tapi Asma Sering Kambuh

Hamil Tapi Asma Sering Kambuh

Dok, sy sementara hamil empat bulan. Tapi akhir2 penyakit asma kambuh. Sy juga tdk bisa makan dan tubuh sy terasa lemas. Apa yg harus sy lakukan dok. Apakah sy bisa juga melahirkan normal seperti wanita lainnya? Apakah penyakit asma sy ini akan menular ke janin nantinya Dok, bagaimana cara mengatasinya?
+6285399177xxx

Dr Nasruddin AM SpOG, spesialis kebidanan dan kandungan. Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran Universitas Muslim Indonesia.

Jawab : Kehamilan dengan komplikasi asma memang akan sangat mengganggu dan terasa berat, hal ini dapat dijelaskan karena pada saat kehamilan secara fisiologi kebutuhan darah dan oksigen meningkat sehingga beban jantung dan paru-paru bertambah, daya tahan tubuh sedikit menurun, dan secara anatomi diafragma akan terdesak seiring semakin tua kehamilan sehingga kapasitas paru-paru menjadi terbatas. Apalagi pada mereka yang hamil dengan riwayat atau menderita asma, hal ini memerlukan perhatian dan kontrol yang baik ke dokter ahli agar tidak semakin jatuh pada kondisi yang buruk baik untuk ibu maupun untuk perkembangan janin.

Bahwa penyakit asma bisa menurun pada anak secara genetik dimungkinkan, namun banyaklah berdoa karena segala kemungkinan tersebut juga adalah kehendak Allah.(*/tribun-timur.com)

Penulis: Suryana Anas
Editor: Muh. Irham
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help