Kanal

Bergaya Bahasa Berapi-api, Lugas, BJ Habibie Perintahkan Pendirian Fakultas Teknologi Industri UMI

Ucapan duka cita Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia atas wafatnya BJ Habibie. - DOK FTI UMI

TRIBUN-TIMUR.COM - Pakai gaya bahasa berapi-api, cepat, namun lugas, BJ Habibie perintahkan fendirian Fakultas Teknologi Industri UMI.

Indonesia berduka atas wafatnya Presiden ke-3 Indonesia, Prof Dr Ing Baharuddin Jusuf Habibie FREng (25 Juni 1936-11 September 2019).

Semua kehilangan atas meninggalnya Bapak Alih Teknologi Indonesia itu.

Salah satu yang paling berduka adalah Universitas Muslim Indonesia ( UMI ) di Makassar, Sulsel.

Bukan hanya karena Habibie putra kelahiran Parepare, Sulsel, namun juga Bapak Teknologi Indonesia itu amat berjasa dalam meletakkan pilar-pilar penerapan teknologi di kampus tertua di Indonesia Timur itu, 1954.

“Almarhum Pak BJ Habibie itu adalah inisiator Fakultas Teknologi Industri di UMI, tahun 1986,” kata Ketua Dewan Pembina YW UMI Makassar Prof Dr Mansyur Ramly, kepada Tribun Timur, di sela-sela menghadiri malam Ramah Tamah Kirab Kerajaan se-Nusantara, Festival Keraton Nusantara XIII di Kota Palopo, Sulsel, Rabu (11/9/2019) malam.

Ketua Pembinan Yayasan Wakaf UMI, Prof Dr Mansyur Ramly (HANDOVER)

Mantan Rektor UMI ini bercerita, salah satu napak tilas sejarah BJ Habibie di Makassar yang akan selalu dikenang sivitas akademika UMI adalah inisiator pendirian salah satu fakultas teknik di masa Indonesia memasuki era industrialisasi modern.

Baca: Arie Untung Merinding Ingat Pesan BJ Habibie soal Mana Lebih Penting Ilmu Teknologi atau Ilmu Agama

Ide iru, dilontarkan BJ Habibie saat datang ke kampus 2 UMI mensosialisasikan perlunnya keterlibatan kampus Islam menyongsong era industrialisasi Indonesia.

Saat itu, BJ Habibie menjabat Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) sekaligus Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) di Kabinet Pembangunan III hingga VI (1978-1998).

BJ Habibie memang termasuk salah satu menteri yang paling dipercaya Soeharto untuk pembangunan teknologi dan riset di Tanah Air.

Baca: BJ Habibie Wafat Selang 9 Tahun dengan Ainun Habibie, Inilah Penyebab Keduanya Meninggal Dunia

Halaman
123
Penulis: Alfian
Editor: Edi Sumardi
Sumber: Tribun Timur

Berita Populer