Gempa Bumi

Waspada Potensi Gempa Bumi Megathrust Selatan Jawa 8,9 SR dan Tsunami 34 Meter, Melebihi di Aceh

Rentetan gempa bumi mengguncang Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022) hari ini. Muncul kabar potensi gempa bumi megathrust di selatan Jawa.

Editor: Edi Sumardi
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Warga melihat sejumlah rumah yang ambruk di Kampung Kedung Girang, Desa Sukamanah, Kecamanat Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Setelah rentetan gempa bumi bermagnitudo besar mengguncang Jawa, muncul kabar potensi gempa bumi megathrust di selatan Jawa. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Rentetan gempa bumi mengguncang Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022) hari ini.

Pada pukul 13.07 WIB, gempa bumi 6,2 SR mengguncang dengan pusat di 284 Km barat daya Jember di kedalaman 10 Km.

Lalu, pada pukul 17.22 WIB, gempa bumi 5,3 SR kembali mengguncang dengan pusat di 266 Km barat daya Jember di kedalaman 10 Km.

Sebelumnya, gempa bumi 6,4 SR juga mengguncang Garut, Jawa Barat, Sabtu (3/12/2022) dan 5,6 SR di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022).

Setelah rentetan gempa bumi bermagnitudo besar mengguncang Jawa, muncul kabar potensi gempa bumi megathrust di selatan Jawa.

Dikutip dari Kompas.com, daerah di selatan Jawa bagian barat dan tenggara Sumatera berpotensi alami gempa bumi hingga M 8,9.

Tak hanya itu, dalam pemodelan menunjukkan gempa di zona tersebut bisa memicu tsunami hingga 34 meter, melebihi ketinggian tsunami Aceh 2004.

Hal tersebut berdasarkan penelitian terbaru dan diungkapkan Pepen Supendi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) dan peneliti postdoctoral di University of Cambridge.

”Hasil penelitian kami tentang potensi gempa dan tsunami akibat megathrust di selatan Jawa (bagian) barat dan tenggara Sumatera baru saja diterbitkan di jurnal Natural Hazards,” kata Pepen yang menjadi penulis pertama laporan ilmiah ini, dikutip dari Kompas.id, Selasa (1/11/2022).

Laporan ilmiah ini juga ditulis Sri Widiyantoro dari Institut Teknologi Bandung (ITB); Nicholas Rawlinson dari Department of Earth Sciences-University of Cambridge; Tatok Yatimantoro, Daryono, serta Dwikorita Karnawati dari BMKG; Abdul Muhari dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB); Rahma Hanifa dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN); serta sejumlah peneliti lain.

Selain potensi gempa hingga M 8,9 kemudian dilakukan pemodelan tsunami di wilayah tersebut untuk dua skenario berdasarkan perkiraan celah seismisitas dan keberadaan sesar belakang.

”Kami menunjukkan bahwa ketinggian tsunami maksimum bisa mencapai 34 m di sepanjang pantai barat Sumatera bagian selatan dan di sepanjang pantai selatan Jawa dekat Semenanjung Ujung Kulon,” tulis Pepen dan tim.

Berdasarkan survei lapangan yang dilaporkan Jose C Borrero dalam Seismological Research Letters (2005), ketinggian tsunami yang diamati untuk gempa bumi berkekuatan M 9,1 di Aceh pada 2004 berkisar 20-30 meter.

Ini berarti potensi tinggi tsunami maksimum yang disebabkan gempa di selatan Jawa bagian barat bisa lebih tinggi, sekalipun kekuatan gempanya sedikit lebih kecil.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved