DPR RI

Andi Iwan Darmawan Aras Upayakan Kereta Api Trans Sulawesi Terkoneksi Pasca Presiden Joko Widodo

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Darmawan Aras berharap pihak swasta terlibat dalam pembangunan rel kereta api Trans Sulawesi.

Penulis: Ivan Ismar | Editor: Muh Hasim Arfah

TRIBUN TIMUR.COM, MAKASSAR - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Andi Iwan Darmawan Aras berharap pihak swasta terlibat dalam pembangunan rel kereta api Sulawesi Selatan.

Sekadar informasi, kereta api Sulawesi Selatan adalah pembangunan tahap pertama yang ditarget selesai tahun 2024. Proyek ini menjadi proyek strategis kepemimpinan Presiden Joko Widodo.  

"Kita berharap kedepannya akan banyak swasta yang berminat untuk investasi di wilayah pembangunan rel kereta api ini," kata Andi Darmawan Aras, Jumat (2/12/2022).

Saat ini, kereta api pertama di Sulawesi untuk jalur Makassar-Parepare telah dioperasikan secara terbatas untuk publik.

Masyarakat bisa menggunakan moda transportasi itu untuk lintas Stasiun Garongkong-Stasiun Mangilu.

"Jadi kereta api ini hanya embrionya dulu yah untuk Sulawesi Selatan, untuk Maros ke Barru saat ini Alhamdulillah sudah terselesaikan," imbuhnya.

Menurutnya, kalau berbicara pembangunannya, sebenarnya itu kereta api trans Sulawesi.

Baca juga: Andi Iwan Darmawan Aras Dorong Masyarakat Gunakan Kereta Api 

"Jadi dimulai dari Kota Makassar sampai ke Kota Manado sana, bahkan sampai ke Kendari. Jadi semua provinsi yang ada di Sulawesi ini," katanya.

Pembangunan jalur kereta api Trans Sulawesi ini terbatas pada anggaran, sehingga semua dikerjakan step by step atau bertahap.

Diharapkan, bila sudah terkoneksi semua provinsi yang ada di Sulawesi ini, tentunya akan lebih memudahkan.

"Memudahkan kita dalam menggerakkan baik itu penumpang maupun terutama itu logistik," ujar Ketua DPD Partai Gerindra Sulawesi Selatan ini.

Sehingga kata dia, biaya logistik ini kita bisa lebih ditekan, tentunya berimbas pada masyarakat dalam hal membeli barang lebih murah.

Ia menambahkan, selalu jadi permasalahan saat ini, seperti overload, nantinya itu bisa sedikit direduksi dengan adanya pengangkutan moda sarana transportasi lainnya seperti kereta api.

"Apalagi jarak jauh, kita berharap kedepan mudah-mudahan kurun waktu yang tidak terlalu lama semua provinsi di Sulawesi bisa terkoneksi dengan baik," ujar Andi Darmawan Aras.

Baca juga: Andi Iwan Aras Soroti Serapan Anggaran Kementerian PUPR Hingga November 2022

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved