Tips & Trik

Cara Mudah Translate atau Terjemahkan Aksara Batak Secara Online

Berikut ini cara mudah translate atau terjemahkan Surat Batak atau Aksara Batak ke Aksara Latin dan sebaliknya secara online.

Editor: Sakinah Sudin
Kompiwin.com
TRANSLATE AKSARA SUNDA - Aplikasi Translator Aksara Batak ini dikembangkan oleh sebuah website yang membahas teknologi bernama Kompiwin. Berikut Cara Mudah Translate atau Terjemahkan Aksara Batak Secara Online. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Berikut ini cara mudah translate atau terjemahkan Surat Batak atau Aksara Batak ke Aksara Latin dan sebaliknya secara online.

Surat Batak, juga dikenal sebagai Surat na Sampulu Sia (kesembilan belas huruf), Si Sia-sia, atau Aksara Batak, adalah salah satu aksara tradisional Indonesia yang berkembang di ranah Batak, Sumatra Utara.

Surat Batak terdiri dari beberapa varian yang digunakan untuk menulis lima rumpun bahasa Batak: Karo, Pakpak, Mandailing, Simalungun, dan Toba.

Aksara ini merupakan turunan dari aksara Brahmi India melalui perantara aksara Kawi.

Surat Batak aktif digunakan oleh masyarakat Batak setidaknya sejak abad ke-18 hingga penggunaannya berangsur-angsur memudar pada abad ke-20.

Aksara ini masih diajarkan di Sumatra Utara sebagai bagian dari muatan lokal, tetapi dengan penerapan yang terbatas dalam kehidupan sehari-hari.

Surat Batak adalah sistem tulisan abugida yang terdiri dari 19 aksara dasar dengan tambahan beberapa aksara pada varian tertentu.

Seperti aksara Brahmi lainnya, setiap konsonan merepresentasikan satu suku kata dengan vokal inheren /a/ yang dapat diubah dengan pemberian diakritik tertentu.

Surat Batak dibaca dari kiri ke kanan.

Secara tradisional, aksara ini ditulis tanpa spasi antarkata (scriptio continua) dengan tanda baca yang minimal.

Translator Aksara Batak

Penerjemah Aksara Batak ada cukup banyak pilihannya.

Jika Kamu ingin yang mudah dan bisa diakses tanpa perlu install aplikasi lagi, kamu bisa mencoba translator yang akan dibahas kali ini.

Aplikasi Translator Aksara Batak ini dikembangkan oleh sebuah website yang membahas teknologi bernama Kompiwin.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved