IKaT Nusantara Ajak Diaspora Toraja Kembangkan Kebun Kopi dan Sayur untuk IKN

IKN di Kalimantan nantinya butuh sayur dan buah segar, penerbangan langsung cargo Toraja - Balikapapan sudah membuka peluang itu

Editor: Ansar
TribunTimur.com
Pengurus pusat, Ikatan Keluarga asal Toraja (IKaT) Nusantara di Jakarta, mengajak diaspora atau warga Toraja perantau di Indonesia dan luar negeri, untuk kembali membangun potensi wisata dan agribisnis di kampung halaman. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pengurus pusat Ikatan Keluarga asal Toraja (IKaT) Nusantara di Jakarta, mengajak diaspora atau warga Toraja perantau di Indonesia dan luar negeri, untuk kembali membangun potensi wisata dan agribisnis di kampung halaman.

Bahkan, secara spesifik Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat IKaT Nusantara Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang, menyebut ajakan pulang kampung membangun ‘Tanah Leluhur’ dengan mengembangkan potensi kebun kopi untuk pasar internasional dan sayur mayur untuk dipasok ke pasar domestik.

“IKN di Kalimantan nantinya butuh sayur dan buah segar, penerbangan langsung cargo Toraja - Balikapapan sudah membuka peluang itu,” kata Frederik kepada Tribun di Sekretariat IKaT Nusantara, Kompleks Griya Intan, No 6-10 Jl Warung Buncit Raya No 21-B, Pejaten Barat, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (1/11/2022) pagi.

Harapan itu disampaikan mantan jenderal bintang dua polisi itu, saat menerima lawatan formil jajaran direksi Tribun Network.

Dari Tribun Network diwakili Vice News Director Tribun Network Domu Ambarita dan Commercial Manager Tribun Timur Dedi Pakiding.

Pengurus harian DPP IKat Nusantara yang hadir antara lain; Bobby Sangka (Ketua Harian), David Allorerung (Sekjend IKaT Nus), dan jajaran pengurus teras antara lain; Marthen Dalipang, April Bulo, Budi Palilu, Rawenna Batti, Milki Sidik, dan Bartho Tangdibali.

Pertemuan hangat itu berlangsung sekitar dua jam.

Lawatan formil ini dalam rangka mengundang Ketua Umum IKaT Nusantara untuk menjadi salah satu narasumber di webinar launching TribunToraja.com, di Toraja Utara, Kamis 1 Desember mendatang.

Domu menyampaikan, Tribun Toraja.com akan menjadi portal berita ke-68 Tribun Network.

Webinar mengangkat tema, Desa Wisata, Kopi dan Diaspora Toraja.

Dari dialog, terungkap ditaksir ada sekitar 2,6 juta warga diaspora Toraja di Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Sumatera, dan hingga ke luar negeri.

Data dari BPS, jumlah penduduk dua kabupaten di Toraja sekityar 510 ribu jiwa. Di Toraja dengan ibu kota Makale sekitar 260 ribu jiwa, dan Toraja Utara dengan Rantepao, 240 ribu jiwa.

Selain kopi, agribisnis, dan destinasi wisata adat -budaya, potensi terbesar Tana Toraja adalah SDM diasporanya.

Di momen itu, Frederik dan Sekjend IKaT Nusantara David Allorerung dan pengurus lain, saling menimpali menyampaikan sejumlah harapan.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved