Polantas Polrestabes Makassar Mulai Dilatih Pakai ETLE Mobile

Kepala Kepolisian (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menarik tilang manual di seluruh Satuan Lalu Lintas (Satlantas).

Dok Polrestabes Makassar
Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kepala Kepolisian (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi menarik tilang manual di seluruh Satuan Lalu Lintas (Satlantas).

Sebagai gantinya, untuk kasus tertentu yang sangat diperlukan, seperti pengemudi mabuk dan balap liar, Satlantas masih bisa melakukan sanksi tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Tidak terkecuali di Satlantas Polrestabes Makassar yang mulai melatih anggota polisi lalu lintas (Polantas) menerapkan sistem ETLE.

Jajaran Satlantas Polrestabes Makassar pun dilatih melakukan penindakan dengan menggunakan smartphone lalu mengcapture pelanggar.

Setelah itu berlanjut dengan sosialisasi terlebih dahulu, dan bila sudah cukup waktu sosialisasi akan dilanjutkan dengan penindakan ETLE mobile secara massive.

Demikian dikatakan Kasat Lantas Polrestabes Makassar AKBP Zulanda, Selasa (25/10/2022).

“Dengan pola hampir sama dengan ETLE STATIS, hanya beda cara pengambilan foto pelanggar saja, kami targetkan nantinya pada pelanggaran, seperti lawan arus, tidak menggunakan helm, pengendara dengan boncengan lebih dari satu, dan tidak menyalakan lampu utama,” katanya.

Selain itu kata Zulanda, tidak menutup kemungkinan pengecekan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) guna mendukung program validitas registrasi kendaraan sepeda motor yang operasional di jalan juga dilakukan.

“Selain itu, nantinya juga saat mendatangi kantor Satlantas kami mewajibkan yang melanggar yang hadir dengan menunjukkan surat kendaraannya dan SIM-nya,” jelasnya.

Zulanda menjelaskan pelatihan direncanakan maksimal dua minggu. Pelatihan ini juga sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat.

“Namun demikian harapan kami semua pengendara tertib sehingga tak perlu lagi ada penilangan ETLE statis maupun mobile karena tertib itu mudah,” kata Zulanda.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved