Obat Sirup

Daftar 5 Merek Obat Sirup Sering Dijual Apotek Direkomendasikan Ditarik, Jadi Penyebab Gagal Ginjal?

Sebanyak lima daftar obat sirup bakal ditarik karena diduga mengandung cemaran Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG).

Editor: Sudirman
Products.pcc.eu
Etilen Glikol ( EG ) CH2OH2. Sebanyak lima jenis sirup direkomendasikan ditarik dari peredaran. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merekomendasikan industri farmasi menarik lima jenis sirup obat dari peredaran di Indonesia.

Hal ini disebabkan kelima sirup obat tersebut diduga mengandung cemaran Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG).

Kandungan Dietilen Glikol (DEG) dan Etilen Glikol (EG) diduga punya keterkaitan terhadap penyakit gagal ginjal akut pada anak-anak  di Indonesia.

Baca juga: Antisipasi Kasus Gagal Ginjal Akut Misterius, Kadis Kesehatan Enrekang: Hentikan Jual Obat Sirup

Baca juga: Alasan Apotek di Makassar Tetap Jual Obat Jenis Sirup Meski Dilarang Kemenkes

Hal ini dilakukan setelah melakukan hasil pengujian terhadap 39 bets dari 26 sirup obat yang diduga mengandung cemaran EG dan DEG.

Hasilnya ditemukan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman pada 5 (lima) produk sampel.

"BPOM telah melakukan tindak lanjut dengan memerintahkan kepada industri farmasi pemilik izin edar untuk melakukan penarikan sirup obat dari peredaran di seluruh Indonesia dan pemusnahan untuk seluruh bets produk," kata BPOM dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (20/10/2022).

Namun demikian, hasil uji cemaran EG tersebut belum dapat mendukung kesimpulan bahwa penggunaan sirup obat tersebut memiliki keterkaitan dengan kejadian gagal ginjal akut.

Berikut 5 produknya yang menunjukkan adanya kandungan cemaran EG yang melebihi ambang batas aman.

1. Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

2. Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.
       
3. Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.
       
4. Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

 5. Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

206 Anak Idap Gagal Ginjal Akut, 99 Meninggal Dunia

Tengah menjadi sorotan serius, laporan adanya kasus gagal ginjal akut yang menyerang 206 anak di Indonesia.

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan dari 206 total anak yang menderita gagal ginjal akut penderita 99 di antaranya meninggal dunia.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved