Headline Tribun Timur

Liga 1 Comeback Akhir November

Liga 1 2022/2023 dihentikan awal Oktober ini, pascatragedi Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 131 orang.

Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/KASWADI ANWAR
Pemain PSM saat memberi penghormatan atas dukungan diberikan suporter ketika latihan di Lapangan Syech Yusuf, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (10/10/2022). Jadwal tanding lanjutan Liga 1 2022-2023 akhirnya mulai menemukan titik terang pascatragedi Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 131 orang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Jadwal tanding lanjutan Liga 1 2022-2023 akhirnya mulai menemukan titik terang.

Jadwal ini disepakati dalam rapat PSSI dengan perwakilan FIFA, AFC, polisi, dan kementerian terkait di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (13/10/2022).

“Tentatif, full comeback Liga 1, 25 -26 November,” demikian tertulis dalam materi rapat di Hotel Fairmont tersebut.

Liga 1 2022/2023 dihentikan awal Oktober ini, pascatragedi Stadion Kanjuruhan Malang yang menewaskan 131 orang.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyatakan bahwa dalam pertemuan tersebut juga dibahas timeline dalam pembenahan sepak bola nasional.

Hasil pertemuan memilih akhir November 2022 sebagai jadwal kompetisi Liga 1. Menurut dia, keputusan untuk melanjutkan kompetisi diambil karena Presiden FIFA, Gianni Infantino, akan menghadiri G20 di Indonesia pada November nanti dan sekaligus menyuarakan kompetisi siap untuk digelar.

Media Officer PSM, Sulaiman Abdul Karim, menyampaikan, pihaknya masih menunggu jadwal dan pernyataan resmi dari PSSI maupun PT LIB terkait jadwal liga.

“Kita sebagai anggota PSSI dan peserta liga hanya bisa menunggu jadwal dan pernyataan resmi. Saya yakin tidak ada pihak yang niat jahat dari Tragedi Kanjuruhan. Kami berharap ini merupakan titik awal dari kemajuan industri sepak bola,” kata Sule, sapaan Sulaiman.

Dia bersyukur sudah ada titik terang kepastian Liga 1 dengan wacana Liga bergulir pada 25-26 November mendatang.

“Yang paling penting adalah semua klub pasti butuh kepastian. Liga lanjut atau bubar, semua pasti sepakat, tidak baik kalau terlalu lama tanpa kepastian,” ujar Sule.

Jadwal Presiden

Dari paparan timeline yang dibagikan, uji coba bergulirnya Liga 1 akan dilakukan pada rentang waktu 15-18 November 2022.

Jika uji coba tersebut berjalan lancar, maka kompetisi kasta teratas itu akan kembali bergulir secara penuh pada 25-26 November 2022.

“Tanggal 15 November, Presiden FIFA akan hadir di G20. Ini pertemuan kedua untuk menyuarakan bahwa Indonesia adalah tempat yang aman untuk acara internasional dan siap memulai Liga,” kata Iriawan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved