Pilpres 2024

Dua Partai Ini Diprediksi Koalisi dengan Nasdem Usung Anies Baswedan di Pilpres 2024, 1 Partai Islam

Selain Partai Demokrat, masih ada partai lain yang diprediksi untuk berkoalisi dengan Nasdem besutan Surya Paloh.

Editor: Ansar
Kompas.com
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain Partai Demokrat, masih ada partai lain yang diprediksi untuk berkoalisi dengan Nasdem besutan Surya Paloh. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Dua partai politik disebut akan koalisi dengan Partai Nasdem usung Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Selain Partai Demokrat, masih ada partai lain yang diprediksi untuk berkoalisi dengan Nasdem besutan Surya Paloh.

Fraksi Partai Demokrat DPRD DKI Jakarta memuji Nasdem yang telah dendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon Presiden 2024.

Demokrat menyambut baik langkah Ketua Umum Nasdem Surya Paloh yang sudah deklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres untuk Pilpres 2024 mendatang.

Ketua DPD Demokrat DKI Jakarta Mujiyono juga puji perjuangan Anies Baswedan.

Ia mengatakan rekam jejak orang nomor satu di DKI itu memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan Partai Demokrat.

"Kriteria Presiden dari Partai Demokrat menitikberatkan pada integritas, kapasitas, elektabilitas, punya chemistry, dan yang paling penting memiliki semangat memperjuangkan perubahan dan perbaikan."

"Menurut kami, rekam jejak Bapak Anies Baswedan memiliki keselarasan dengan nilai-nilai yang diperjuangkan Partai Demokrat," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (5/10/2022).

Prediksi dua partai lain akan gabung dengan Anies Baswedan yakni Majelis Warga.

Sebelumnya, sekelompok warga yang menamakan diri Majelis Warga mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan maju sebagai calon presiden 2024.

Perwakilan Majelis Warga Azmi Majid mengatakan, deklarasi tersebut sebagai bentuk dukungan rakyat kepada salah satu tokoh politik yang dinilai berpotensi menjadi calon presiden.

 "Rakyat berhak untuk menyatakan pilihannya, dan adalah suatu keharusan demokrasi di mana calon pilihan rakyat mendapatkan ruang kesempatan," ujar Azmi saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (2/10/2022).

Azmi tidak sendiri. Dia bersama orang yang mengaku relawan Anies lainnya dan lebih dahulu sudah melakukan deklarasi serupa yaitu Laode Basir.

Saat ditanya mengapa Anies sebagai sosok yang mereka deklarasikan tak hadir dalam acara tersebut, Laode menjawab "Itu urusan dapur."

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved