Pilpres

Dibanding Ganjar dan Anies Baswedan, Basis Muhaimin Iskandar Lebih Pilih Dukung Prabowo di Pilpres

Pemilih PKB lebih cenderung mendukung Prabowo Subianto dibanding Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Pilpres.

Editor: Sudirman
Tribunnews
Skala Survei Indonesia (SSI) memaparkan hasil surveinya. Pemilih PKB lebih cenderung memilih Prabowo Subianto dibanding Ganjar dan Anies Baswedan. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Basis Muhaimin Iskandar cenderung akan memilih Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden ( Pilpres ) 2022.

Hal ini berdasarkan hasil Skala Survei Indonesia (SSI) untuk melihat peta parpol dan capres.

Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim mengatakan, Parpol paling banyak dipilih saat ini adalah PDIP sebesar 19,6 persen.

Baca juga: Survei Indikator Politik: Elektabilitas Ganjar Kalahkan Prabowo Meski Duet Muhaimin Iskandar, Anies?

Baca juga: PKB Ngotot Muhaimin Iskandar Calon Presiden, Bagaimana Koalisi dengan Prabowo Subianto?

Kemudian disusul Partai Gerindra sebesar 11,4 persen, Partai Golkar sebesar 9,6 persen, Partai Demokrat sebesar 7,1 persen.

"PKB sebesar 6,6 persen , PKS sebesar 5,0 persen , Nasdem sebesar 4,1 persen , PPP sebesar 3,2 persen, dan PAN 2,4 persen," ujar Direktur Eksekutif SSI Abdul Hakim, Senin (3/10/2022).

Abdul Hakim kemudian mencoba melihat distribusi kecenderungan dukungan pemilih parpol ini terhadap 3 kandidat capres.

Tiga kandidat capres yaitu Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, yang memiliki tingkat eleksi terbaik.

Dari 100 persen pemilih PKB, 40,5 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 19 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 1,3 persen akan memilih Anies Baswedan.

Sementara dari 100 persen pemilih Gerindra, 81,8 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 6,6 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 3,6 persen akan memilih Anies Baswedan.

Kemudian dari 100 persen pemilih PDIP, 28,9 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 44,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 4,3 persen akan memilih Anies Baswedan.

Sedangkan dari 100 persen pemilih Golkar 27,0 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 14,8 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 17,4 persen akan memilih Anies Baswedan.

"Untuk Nasdem, dari 100 persen pemilihnya, 40,8 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 4,1persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 40,8 persen akan memilih Anies Baswedan."

Sementara PKS, 16,7 persen di antaranya akan memilih Prabowo Subianto, 11,7 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 41,7 persen akan memilih Anies Baswedan.

Sedangkan pemilih PPP, 18,4 persen diantaranya akan memilih Prabowo Subianto, 18,4 persen akan memilih Ganjar Pranowo dan 15,8 persen akan memilih Anies Baswedan.

Halaman
1234
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved