Pilpres 2024

Rekam Jejak Anies Baswedan Bakal Capres dari Partai Nasdem: Kalah di Konvensi Partai Demokrat

Ketiga nama tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Editor: Edi Sumardi
DOK TRIBUNNEWS.COM/JEPRIMA
Gubernur DKI Jakarta sekaligus bakal Capres dari Partai Nasdem, Anies Baswedan. Partai Nasdem akan mengumumkan atau mendeklarasikan nama tokoh yang akan diusung menjadi Calon Presiden RI atau Capres di Pemilu 2024, Senin (3/10/2022) hari ini. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Partai Nasdem akan mengumumkan atau mendeklarasikan nama tokoh yang akan diusung menjadi Calon Presiden RI atau Capres di Pemilu 2024, Senin (3/10/2022) hari ini.

Sebelumnya, Partai Nasdem telah mengumumkan tiga nama bakal Capres mereka berdasarkan Rakernas pada medio Juni lalu.

Ketiga nama tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Rencananya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh akan mengumumkan langsung siapa nama bakal Capres RI usungan Partai Nasdem.

Jika Anies Baswedan, maka ini merupakan kali kedua bagi mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menggalang dukungan partai untuk merebut kursi "RI 1".

Pada tahun 2013 lalu, Anies Baswedan ikut Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat.

Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat diadakan untuk menentukan siapa yang akan diusung oleh Partai Demokrat dalam pemilihan umum Presiden Indonesia 2014.

Baca juga: Video Detik-detik Anies Baswedan Tidur Saat Luhut Pandjaitan Pidato, Presiden Jokowi Beri Arahan

Komite Konvensi Calon Presiden dibentuk pada tanggal 11 Agustus 2013 dengan Maftuh Basyuni sebagai ketuanya.

Setelah proses tatap muka dengan para calon peserta pada tanggal 27-29 Agustus 2014, Komite Konvensi menetapkan sebelas nama peserta konvensi, yaitu:

1. Ali Masykur Musa

2. Anies Baswedan

3. Dahlan Iskan

4. Dino Patti Djalal

5. Endriartono Sutarto

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved