Hari Pertama Operasi Zebra, Satlantas Makassar Kerahkan 118 Personel

Tercatat, ada tiga lokasi yang menjadi fokus personil Satlantas Polretabes Makassar di hari pertama.

Penulis: Muh. Sauki Maulana | Editor: Saldy Irawan
TRIBUN-TIMUR.COM/MUH SAUKI
Tangkapan layar Ngobrol Virtual bersama Kasat Lantas Polrestabes Makassar, AKBP Zulanda, Senin (3/10/2022). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Satlantas Polrestabes Makassar melakukan Operasi Zebra 2022 di beberapa lokasi di Kota Makassar.

Operasi Zebra ini akan berjalan dari tanggal 3 sampai 16 Oktober kedepan.

Tercatat, ada tiga lokasi yang menjadi fokus personil Satlantas Polretabes Makassar di hari pertama.

Ketiga lokasi tersebut yakni Fly Over, Jl AP Pettarani, Karebosi, Jl Ahmad Yani, dan Jl Ratulangi.

Kasat Lantas Polrestabes Makaassar, AKBP Zulanda mengatakan, 118 personil dikerahkan untuk melakukan Operasi Zebra di hari pertama.

"Hari ini ada 118 orang personil. Dari 118 orang ini saya membagikan kedalam tiga lokasi yaitu di Karebosi, AP Pettarani, dan Ratulangi, jelasnya dalam acara Ngobrol Virtual Tribun Timur, Senin (3/20/2022).

AKBP Zulanda menambahkan, pihaknya berfokus pada ketiga pelanggaran utama.

Pelanggaran tersebut, kata AKBP Zulanda, merupakan pelanggaran melawan arus, memakai handphone saat berkendara, dan pemakaian jelm dan safety belt bagi pengendara.

"Memang ada tujuh pelanggaran utama yang ada. Namun saya lebih menekankan kepada tiga pelanggaran utama yaitu, pelanggaran terkait melawan arus. Kemudian kedua adalah penggunaan handphone. Karena penggunaan HP ini dampaknya sangat luar biasa, konsentrasi mereka teralihkan saat mengemudi. Kemudian yang ketiga, yang kami akan tekankan lagi masalah penggunaan helm dan kecepatan," jelasnya.

Lanjut, AKBP Zulanda mengatakan, pihaknya akan menempati beberapa titik vital di Kota Makassar yang menjadi jalur aktivitas kerja.

"Untuk wilayah di Makassar, saya lebih mengedepankan daerah-daerah yang merupakan pintu masuk. Dalam arti, harapannya ketika masyarakat masuk dalam satu wilayah, otomatis sudah mempersiapkan tertib dari rumahnya. Makanya saya ambil Jl AP Pettarani, karena itu urat nadinya Makassar. Semua orang beraktifitas 70 persen melalui Jl AP Pettarani. Artinya ketika seseorang melakukan aktivitas dari rumah menuju ke kantornya, otomatis sudah tahu pelaksanaan operasi, tentu dia harus menyiapkan dirinya dari rumah," katanya.

Operasi Zebra ini, kata AKBP Zulanda juga akan tetap dilaksanakan di hari weekend, tetapi dengan pola penanganan yang berbeda di hari kerja.

"Pelaksanaan ini juga dilakukan Sabtu-Minggu, tentu saja dengan pola yang berbeda-beda. Kalau di hari kerja pengendara-pengendara yang tentu saja berbeda dengan weekend. Kalau di hari Sabtu-Minggu biasanya diisi dengan anak muda dalam keadaan rekreasi atau kegiatan yang sifatnya bukan rutin. Nah, di hari Senin sampai Jumat ini kita akan memulai dengan kegiatan yang sifatnya rutin. Nanti Sabtu-Minggu akan berbeda sehingga akan ada hal-hal yang berbeda, mungkin per tiga hari atau per tujuh hari nantinya," tuutpnya.

 

 

Laporan Jurnalis Tribun Timur Muh Sauki Maulana

 

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved