Politeknik ATI Makassar

Politeknik ATI Makassar Bareng Axioo Makeblock Perkenalkan Robot mBot 5 ke Mahasiswa

Peserta lebih memahami mengenai robotic sehingga akan muncul komunitas digital di Politeknik ATI Makassar.

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/FAQIH IMTIYAAZ
Proses Belajar Mahasiswa Politeknik ATI Makassar tentang perangkat mBot5, Jumat (30/9/2022). Perangkat ini merupakan program pendidikan kelas IoT di Politeknik ATI Makassar. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Unit Transformasi Digital 4.0 Politeknik ATI Makassar mengadakan Mini Workshop Robotic di Aula Politeknik ATI Makassar, Jumat (30/9/2022).

Workshop Robotic diikuti puluhan mahasiswa bersama dosen.

Ketua Unit Transformasi Digital 4.0 Politeknik ATI Makassar Siti Watenriajeng Sidehabi mengatakan pelaksanaan workshop ini merupakan kolaborasi dari BPSDMI Kementerian Perindustrian, Politeknik ATI Makassar, GIZ TVET Indonesia, dan Tim Axioo Makeblock Indonesia.

"Kegiatan ini untuk mendorong peningkatan SDM industri agar berdaya saing di era Industri 4.0 dengan memberikan pengetahuan dan akses terhadap teknologi Internet of Things (IoT) kepada mahasiswa dan dosen di Politeknik ATI Makassar," Jelasnya.

Peserta lebih memahami mengenai robotic sehingga akan muncul komunitas digital di Politeknik ATI Makassar.

Direktur Politeknik ATI Makassar Muhammad Basri menambahkan kurikulum pengajaran telah diselaraskan dengan mata kuliah terkait Industri 4.0.

Kurikulum ini sebagai adaptasi perkembangan teknologi Industri 4.0. 

"Saat review kurikulum tahun 2020 lalu, kami sudah memasukkan mata kuliah terkait industri 4.0 sesuai dengan kebijakan dari Menteri Perindustrian dan telah diterapkan sejak tahun ajaran 2021," jelasnya.

Para mahasiswa Politeknik ATI Makassar belajar tentang pengembangan robot.

Trainer Axioo Makeblock Indonesia Moriano Mordekhai mengenalkan penggunaan aplikasi mBlock 5 dan perangkat mBot 5.

Perangkat ini merupakan program pendidikan kelas IoT di Politeknik ATI Makassar.

Mahasiswa pun diajak mencoba mengoperasikan robot tersebut.

Staf Ahli Menteri Perindustrian Andi Rizaldi mengharapkan para peserta mampu memanfaatkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan tentang teknologi IoT dalam menghadapi Industri 4.0.

"Saat ini perusahaan-perusahaan industri saat ini mulai bertransformasi ke penggunaan teknologi IoT dan Big Data," katanya.

Workshop ini berlangsung begitu atraktif. Mahasiswa Politeknik ATI Makassar begitu bersemangat mempelajari pengembangan robot berbasis IoT.(*)

Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved