Infrastruktur

Jalanan di Batualu Tak Diperbaiki, Warga Gotong Royong Kumpulkan Dana Perbaiki Jalan Sepanjang 4 Km

Total panjang jalan yang diperbaiki oleh masyarakat kurang lebih 4 kilo meter, yang dimulai dari Batualu hingga perbatasan Simbuang Mengkendek

Penulis: Kristiani Tandi Rani | Editor: Muh. Irham
Tribun Toraja/Kristiani Tandi Rani
Pengerjaan jalan yang dilakukan oleh masyarakat dan perantau Batualu, Kecamatan Sangala Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Kamis (29/9/2022). Mereka secara gotong royong memperbaiki ruas jalan sepanjang 4 km tersebut menggunakan dana dari swadaya masyarakat 

TORAJA, TRIBUN-TIMUR.COM - Masyarakat dan perantau Batualu, Kecamatan Sangalla Selatan, Kabupaten Tana Toraja gotong royong perbaiki jalan rusak

Jalan yang diperbaiki merupakan jalanan yang sempat viral di beberapa stasiun TV dimana sebelumnya warga beramai-ramai untuk menanam pohon pisang dan tebar lele. 

Jalan ini adalah jalan poros Batualu dan Pa'tengko, yang merupakan jalan kabupaten. 

Kepala Lembang Batualu Kecamatan Sangalla’ Selatan, Fajar Nura’ Londong Allo mengatakan semua anggaran yang dipakai dalam kegiatan ini berasal dari sumbangan masyarakat. 

"Semua anggaran yang kami gunakan murni dari swadaya masyarakat dan perantau Batualu," katanya pada Tribun Timur. 

Pembangunan jalan ini menggunakan alat berat untuk memadatkan timbunan. 

"Kami juga menggunakan alat berat berupa grede dan boma untuk memadatkan timbunan," ujarnya, Kamis (29/9/2022).

Total panjang jalan yang diperbaiki oleh masyarakat kurang lebih 4 kilo meter, yang dimulai dari Batualu hingga perbatasan Simbuang Mengkendek. 

"Pekerjaan kami mulai dari wilayah kelurahan hingga lembang Batualu dan Batualu Selatan sampai perbatasan lembang Simbuang Mengkendek," tuturnya. 

Dengan adanya pengerjaan jalan ini, Lembang Batualu Kecamatan Sangalla’ Selatan mengharapkan pemerintah kabupaten memberikan perhatian terhadap jalan ini. 

"Harapan kami semoga pemerintah kabupaten bisa menyambut baik aksi kami warga dan perantau Batualu," harapnya. 

Ia pun berterimakasih kepada masyarakat dan perantau Batualu yang masih mau berkontribusi aktif untuk daerahnya, khususnya pada pengerjaan jalan ini. 

"Lewat kesempatan ini saya mewakili masyarakat Batualu Selatan mengucapkan banyak terimah kasih dan sangat bangga kepada kerukunan keluarga Batualu yang sudah berpartisipasi baik materi dan tenaga," imbuhnya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved