4 Jenis BBM Ron 90 Hingga Ron 98, Wajib Pilih Sesuai Kendaraan yang Dimiliki

Bilangan oktan merupakan ukuran kemampuan dari bahan bakar untuk menahan knocking saat mesin dinyalakan di dalam silinder mesin pembakaran.

Editor: Ina Maharani
DOK KOMPAS IMAGES
Ilustrasi SPBU Pertamina terkait dengan kabar Pertalite boros setelah harga BBM naik. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pemerintah belum lama ini resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite Research Octane Number (RON) 90 dan Pertamax RON 92. Mengikuti kenaikan tersebut, beberapa SPBU swasta juga ikut menyesuaikan produk BBM-nya. 

Memilih jenis BBM sejatinya sangat penting, selain berkaitan dengan efisiensi juga bisa mempertahankan keawetan komponen kendaraan, terutama komponen mesin. Karena itu, memilih BBM tak hanya bisa berdasarkan harganya saja, perlu juga disesuaikan dengan spesifikasi jenis kendaraannya.

Saat ini masyarakat memiliki cukup banyak pilihan untuk jenis BBM. Untuk bensin, mulai dari BBM dengan RON terendah yaitu 89 sampai dengan RON 98 dengan harga yang bervariasi. Demikian pula solar, dari solar biasa hingga solar berperforma tinggi seperti Dexlite, Shell V-Power Diesel dan sebagainya. 

Karena itu, Duitpintar.com sebagai asuransi online terbaik yang terdaftar dan diawasi oleh OJK, memberikan tips untuk memilih jenis bahan bakar sesuai dengan kendaraan yang dimiliki.

Pilih Bahan Bakar Sesuai Kendaraan yang Dimiliki

Bilangan oktan merupakan ukuran kemampuan dari bahan bakar untuk menahan knocking saat mesin dinyalakan di dalam silinder mesin pembakaran.

Nilai oktan menjadi acuan untuk menentukan kualitas dari bahan bakar, di mana semakin tinggi nilai oktannya dianggap semakin baik bagi mesin kendaraan. Semakin tinggi kadar oktan bahan bakar, akan semakin tinggi pula harganya.

Berikut ini adalah beberapa jenis oktan BBM yang sesuai dengan standar kendaraan:

1. RON 90
Sebelum memilih oktan yang tepat untuk kendaraan, pastikan dulu berapa rasio kompresi mesin yang datanya bisa Anda temukan di buku panduan kendaraan. BBM beroktan 90 dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. 

Adapun kualitas dari RON 90 cukup baik untuk keperluan sehari-hari, dan memiliki harga jual paling terjangkau.

Contoh BBM oktan 90 yang beredar di pasaran adalah Pertalite, atau jenis lainnya yang satu kelas, yaitu Revo 89.

2. RON 92
Kadar oktan 92 dipastikan dapat membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin. 

Tak hanya membuat performa lebih maksimal, efek pemakaian RON 92 juga memberikan durabilitas pada kondisi mesin serta konsumsi bahan bakar yang irit.

Contoh BBM dengan oktan 92 adalah Pertamax, Shell Super dan lainnya.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved