Fakta Sebenarnya Curacao Lawan Timnas Indonesia: Sulit Terlihat di Peta tapi Negaranya Cantik

Timnas Indonesia pada Selasa (27/9/2022) malam ini, sedang menjamu Curacao di laga FIFA Match Day di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Editor: Edi Sumardi
HOTELS.COM
Pemandangan di Willemstad, ibu kota Curacao. Curacao adalah sebuah pulau di Laut Karibia sebelah selatan, dekat pesisir Venezuela.  

TRIBUN-TIMUR.COM - Timnas Indonesia pada Selasa (27/9/2022) malam ini, sedang menjamu Curacao di laga FIFA Match Day di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pertandingan pada malam ini menjadi pertemuan kedua dalam kurun waktu kurang dari sepekan. 

Pada laga pertama sebelumnya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, di Bandung, Jawa Barat, Timnas Indonesia sukses mengalahkan Curacao dengan skor 3-2.

Saat pertandingan ini berlangsung, banyak warganet mencari di mana itu Curacao?

Curacao sangat sulit terlihat di peta.

Curacao adalah sebuah pulau di Laut Karibia sebelah selatan, dekat pesisir Venezuela. 

Negara Curacao yang mencakup pulau utama dan pulau Klein Curacao ("Curacao Kecil") yang kecil dan tidak berpenghuni, merupakan salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda.

Ibu kota negara cantik ini adalah Willemstad.

Curacao adalah pulau yang paling besar dan paling banyak dihuni dari ketiga pulau di kepulauan ABC (singkatan dari Aruba, Bonaire, dan Curacao) Antillen Kecil, khususnya Antillen Leeward.

Curacao memiliki wilayah seluas 444 kilometer persegi (171 sq mi).

Pada 1 Januari 2009, populasinya berjumlah 141.766.

Sebelum 10 Oktober 2010, ketika Antillen Belanda dibubarkan, Curacao dikelola sebagai Teritori Pulau Curacao (bahasa Inggris: Island Teritory of Curacao, bahasa Belanda: Eilandgebied Curacao, bahasa Papiamentu: Teritorio Insular di Kòrsou), salah satu dari lima wilayah pulau bekas Antillen Belanda.

Negara ini juga dikenal dengan sebutan"Dushi Korsou" (Sweet Curacao).

Satu penjelasan untuk nama pulau tersebut adalah bahwa Curacao adalah autonym dimana masyarakat adatnya mengidentifikasi diri mereka sendiri.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved