Unhas

Unhas Gaet ITS dan BRIN Kembangkan Bahan Pangan Alternatif Sorgum Unggul

Unhas bersama ITS membangun konsorsium dengan BRIN serta PT Petrokimia Gresik sepakat untuk mengembangkan Sorgum unggul.

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Hasriyani Latif
Unhas
Penanaman benih Sorgum Unggul sebagai bahan pangan alternatif. Unhas bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membangun konsorsium dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta PT Petrokimia Gresik sepakat untuk mengembangkan Sorgum unggul. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo telah mengumumkan untuk mengembangkan tanaman sorgum sebagai bahan pangan alternatif untuk menghadapi krisis pangan.

Universitas Hasanuddin pun turun tangan mengembangkan sorgum.

Unhas bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) membangun konsorsium dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta PT Petrokimia Gresik sepakat untuk mengembangkan Sorgum unggul.

Sorgum unggul ini dibangun dari persilangan dan genome editing menggunakan pendekatan bioinformatika.

Sehingga bisa mendapatkan varietas unggul dengan karakteristik mendekati terigu.

Sebagai bentuk implementasi pengembangan Sorgum unggul tersebut, Dosen Teknik Informatika ITS Prof Riyanarto Sarno bersama Dosen Rekayasa Kehutanan Unhas Siti Halimah Larekeng telah mengunjungi PT Petrokimia Gresik untuk penanaman benih sorgum.

Dalam kunjungan tersebut, Vice President Riset PT Petrokimia Gresik Mohammad Armi Kurni menyambut antusias kolaborasi berbagai sektor ini.

Peneliti BRIN Prof Endang Gati Lestari yang turut hadir menjelaskan tagline sorgum yaitu 3F (Food, Feed and Fuel).

"Dalam pemanfaatannya, biji sorgum dapat digunakan untuk pangan. Sedangkan bagian batang juga dapat digunakan untuk pakan ternak serta biofuel," jelas Prof Endang Gati Lestari, Rabu (21/9/2022).

Dijelaskan, berdasarkan roadmap Sorgum 2022-2024, target produksi pada tahun 2023 sebesar 444.084 ton. Sehingga diperlukan benih sorgum dalam jumlah besar.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved