Pemerintah Berupaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi dengan Komitmen Capai Net-Zero Emissions di 2060

Airlangga Hartarto mengikuti kegiatan The Cooler Earth Sustainability Summit 2022 yang diadakan oleh CIMB Niaga, Rabu (21/9/2020).

Editor: Content Writer
DOK MENKO AIRLANGGA
Airlangga Hartarto saat mengikuti kegiatan The Cooler Earth Sustainability Summit 2022 yang diadakan oleh CIMB Niaga, Rabu (21/9/2020). 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengikuti kegiatan The Cooler Earth Sustainability Summit 2022 yang diadakan oleh CIMB Niaga, Rabu (21/9/2020).

Dalam kegiatan ini dibahas pula berbagai strategi pemerintah yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan telah diwujudkan.

Diantaranya, pemerintah komitmen mencapai net-zero emissions di tahun 2060 atau lebih cepat.

Lewat hal tersebut, ekonomi hijau diharap dapat tumbuh menjadi mainstream dari kebijakan Pemerintah.

Menko Airlangga menekankan bahwa energi alternatif atau renewable energy memiliki cost competitive yang setara.

Juga dapat menjaga baseload yang diperlukan dalam pertumbuhan ekonomi.

Suasana berlangsungnya The Cooler Earth Sustainability Summit 2022 yang diadakan oleh CIMB Niaga secara hybrid, Rabu (21/9/2020).
Suasana berlangsungnya The Cooler Earth Sustainability Summit 2022 yang diadakan oleh CIMB Niaga secara hybrid, Rabu (21/9/2020). (DOK MENKO AIRLANGGA)

Sementara, pembiayaan hijau juga memiliki peran penting mendukung transformasi ekonomi hijau di Indonesia.

Mengenai pembiayaan hijau tersebut, Menko Airlangga telah menjelaskan bahwa Pemerintah mendorong berbagai instrumen, seperti Green Sukuk dan beberapa pemanfaatan dari refinancing Green Sukuk.

Lewat pengembangan pembangunan fasilitas dan infrastruktur energi terbarukan seperti pembangkit listrik tenaga surya, mikrohidro dan minihidro.

“Instrumen alternatif seperti blended finance juga disiapkan, terutama skema pembiayaan dengan menampung dana dari filantropi atau swasta serta dari berbagai lembaga pengelola dana multinasional maupun perencanaan seperti ADB atau World Bank," jelas Airlangga.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved