Demi Bangun Desa yang Mandiri dan Sejahtera, HMG FT-UH Terapkan Proker Desa Binaan di Kampung Buttue

Himpunan Mahasiswa Geologi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMG FT-UH) membentuk sebuah (Proker) Desa Binaan yang membangun desa sejahtera.

Editor: Content Writer
DOK HMG FT-UH
Foto bersama Himpunan Mahasiswa Geologi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMG FT-UH) dan warga Kampung Buttue saat melangsungkan Proker Desa Binaan. 

DUSUN Buttue, Desa Kanaungan, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan menjadi dusun dengan jumlah penduduk ±178 jiwa.

Sementara, sumber mata pencaharian utama masyarakatnya merupakan nelayan dan petani rumput laut.

Dusun Buttue sendiri memiliki beberapa permasalahan antara lain di bidang ekonomi, pendidikan dan infrastruktur.

Sumber air bersih dan sumber listrik menjadi kebutuhan utama masyarakat, sayangnya belum adanya akses ke Dusun Buttue.

Menyebabkan sulitnya mendapatkan sumber air bersih maupun sumber listrik.

Maka dari itu, Himpunan Mahasiswa Geologi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (HMG FT-UH) membentuk sebuah Program Kerja (Proker) yaitu Desa Binaan yang membangun desa yang aktif, mandiri dan sejahtera.

Pra hari-H dilaksanakan tanggal 16 September 2022 dengan kegiatan pembangunan panel surya sebagai sumber pencahayaan sebanyak tiga titik pembangunan. Pengerjaan panel surya pencahayaan sendiri terlaksana pada sore hingga malam hari, dengan kondisi panel surya terpasang dengan normal dan dapat menghasilkan pencahayaan dengan radius ±20 meter.
Pra hari-H dilaksanakan kegiatan pembangunan panel surya sebagai sumber pencahayaan sebanyak tiga titik pembangunan. Pengerjaan panel surya pencahayaan sendiri terlaksana pada sore hingga malam hari, dengan kondisi panel surya terpasang dengan normal dan dapat menghasilkan pencahayaan dengan radius ±20 meter, Jumat (16/9/2022).. (DOK HMG FT-UH)

Bertajuk “Implementasi peran mahasiswa berbasis keilmuan dan teknologi dalam pembangunan berkelanjutan”

Program ini merupakan bentuk terlaksananya salah satu nilai dari Tridharma Perguruan Tinggi.

Juga upaya mewujudkan program pemerintah Indonesia yaitu Indonesia Emas 2045 yang mengacu pada Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan Desa binaan ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan dan berlangsung selama dua hari, pra hari-H dan hari H.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved