SMKN 4 Tana Toraja Jadi SMK Pusat Keunggulan 2022

Eva Stevany Rataba mengatakan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu

Penulis: Kristiani Tandi Rani | Editor: Waode Nurmin
Tribun-Timur/Kristiani Tandi Rani
Workshop penguatan karakter berbasis minset change di UPT SMK Negeri 4 Tana Toraja yang ditetapkan sebagai sekolah pusat keunggulan tahun 2022. Senin (19/9/2022) 

TRIBUN-TIMUR.COM, TORAJA - Melalui perjuangan aspirasi anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba, SMKN 4 Tana Toraja telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) tahun 2022.

Hal ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Kepdirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Nomor 12/D/0/2022 Tentang Penetapan Sekolah Menengah Kejuruan Pelaksana Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan Tahun 2022 Tahap 1.

Eva Stevany Rataba mengatakan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

"Saya berharap SMKN 4 Tana Toraja yang dipercaya menjadi SMK PK bisa menjadi pelopor semangat terciptanya sekolah masa depan yang memiliki nuansa ramah anak dan membuat proses belajar mengajar menjadi menyenangkan di Toraja," katanya pada Tribun Timur, Senin (19/9/2022).

Legislator pusat dari Partai Nasdem ini juga meminta SMKN 4 Tana Toraja dengan program SMK KP dapat menjadi sekolah rujukan dan pusat peningkatan kinerja dan kualitas sekolah-sekolah di sekitarnya.

Sehingga, semakin relevan dengan kebutuhan industri dan dunia kerja.

"Ada ratusan SMK berpartisipasi dalam pengajuan program bantuan SMK PK, namun yang dinyatakan sesuai dengan kriteria pemenuhan melalui penyeleksian yang kompetitif sebagai SMK PK salah satunya SMKN 4 Tana Toraja," ujarnya.

Program SMK PK bertujuan memperkuat kemitraan, memperkuat kualitas sumber daya manusia SMK, memperkuat kompetensi keterampilan nonteknis (softskill) dan keterampilan teknis (hardskills), mewujudkan perencanaan yang berbasis data, meningkatkan efisiensi dan mengurangi kompleksitas, dan meningkatkaan sarana dan prasarana serta memperkuat kemitraan dan kerja sama.

SMKN 4 Tana Toraja sebagai salah satu sekolah pusat keunggulan dengan prioritas sektor permesinan dan konstruksi serta prioritas kerja sama luar negeri.

SMK PK merupakan salah satu program unggulan yang akan menjadi ‘Merdeka Belajar’ yang ke-8.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved