Azyumardi Azra Wafat

Profil, Penyebab Azyumardi Azra Ketua Dewan Pers dan Mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Meninggal

Innalilllahi wainna ilaihi rajiun, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia dalam usia 67 tahun, Ahad atau Minggu (18/9/2022), siang.

Editor: Edi Sumardi
DOK PRIBADI
Ketua Dewan Pers dan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Prof Azyumardi Azra. Beliau meninggal dunia a dalam usia 67 tahun, Ahad atau Minggu (18/9/2022), siang, akibat serangan jantung dan Covid-19. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Innalilllahi wainna ilaihi rajiun, Prof Azyumardi Azra meninggal dunia dalam usia 67 tahun, Ahad atau Minggu (18/9/2022), siang.

Ketua Dewan Pers dan mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah itu menghembuskan nafas terakhir di RS Selangor, Kuala Lumpur, Malaysia, pukul 12.30 waktu setempat, akibat serangan jantung dan Covid-19.

Sebelumnya, Azyumardi Azra dilarikan ke rumah sakit karena sesak nafas akibat terkena serangan jantung dan positif Covid-19 saat dalam perjalanan dari Jakarta ke Kuala Lumpur, Jumat (16/9/2022).

Azyumardi Azra sekaligus cendekiawan Muslim berangkat ke Kuala Lumpur karena menerima undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Sabtu (17/9/2022).

Terkait dengan meninggalnya Azyumardi Azra, belum diketahui di mana beliau akan dimakamkan dan apakah akan dibawa pulang ke Indonesia atau tidak.

Azyumardi Azra menikah dengan Ipah Farihah dan dikaruniai 4 anak, yakni Raushanfikri Usada, Firman El-Amny Azra, Muhammad Subhan Azra, dan Emily Sakina Azra.

Azyumardi Azra dikenal sebagai Profesor yang ahli sejarah, sosial, dan intelektual Islam.

Ketika menjadi Rektor pada Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, ia melakukan terobosan besar terhadap institusi pendidikan tersebut.

Pada Mei 2002, IAIN tersebut berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.

Hal ini merupakan kelanjutan ide Rektor terdahulu Prof.Dr. Harun Nasution, yang menginginkan lulusan IAIN haruslah orang yang berpikiran rasional, modern, demokratis, dan toleran.

Azyumardi Azra lahir pada 4 Maret 1955.

Beliau pernah menjabat Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998 dan mengakhirinya pada 2006.

Pada tahun 2010, dia memperoleh titel Commander of the Order of British Empire, sebuah gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris dan menjadi 'Sir' pertama dari Indonesia.

Pada 2022, Azyumardi terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022-2025.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved