PSM Makassar

Husain Abdullah: Pemain Muda PSM Makassar Tak Egois Topang Kecerdikan Taktik Bernardo Tavares

Skuad PSM Makassar saat ini mencatatkan diri sebagai satu-satunya tim tak terkalahkan Liga 1 2022/2023 hingga pekan ke-9.

Editor: Alfian
TRIBUN-TIMUR.COM
Husain Abdullah saat mendukung langsung PSM Makassar di Stadion Mattoanging beberapa waktu lalu. Menurut Husain Abdullah PSM Makassar yang bermain agresif di Liga 1 2022/2023 tak terlepas dari permain kolektif pemain-pemain muda ditopang taktikal dari Bernardo Tavares. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Pengamat Sepakbola sekaligus mantan General Manager (GM) PSM Makassar Husain Abdullah memberikan pandangan lain terkait sukses Bernardo Tavares menempatkan skuad Juku Eja di papan atas Liga 1 2022/2023.

Bagi Husain Abdullah kekuatan PSM Makassar saat ini tak hanya datang dari kecerdikan taktikal Bernardo Tavares.

Tapi bagi Husain Abdullah yang juga lulusan Doktoral Universitas Padjajaran ini ada kekuatan lain yang bertumpuh pada para pemain-pemain muda PSM Makassar saat ini.

Skuad PSM Makassar saat ini mencatatkan diri sebagai satu-satunya tim tak terkalahkan Liga 1 2022/2023 hingga pekan ke-9.

PSM Makassar memperpanjang rekor tak terkalahkan setelah berhasil melibas Persebaya Surabaya 3-0 pada laga pekan ke-9 Liga 1 2022/2023, Sabtu (10/9/2022).

Di bawah asuhan Bernardo Tavares, skuad PSM Makassar meraih enam kemenangan dan dua hasil imbang dari delapan pertandingan.

PSM Makassar pun untuk sementara bertengger di peringkat ketiga dengan 20 poin, hanya terpaut dua poin dari pemuncak klasemen Madura United.

Pada laga kontra Persebaya, skuad PSM Makassar tak diperkuat oleh sejumlah pilar utamanya seperti Wiljan Pluim dan Everton Nascimento.

Tetapi, Pasukan Ramang mampu menang telak 3-0 atas anak asuh Aji Santoso.

Pengamat dan komentator sepakbola, Bung Ropan, menyebut Bernardo Tavares memberikan motivasi lebih kepada para pemainnya hingga PSM Makassar tampil agresif.

"Bernardo Tavares tidak pernah merasa takut kehilangan pemain-pemain intinya, karena dia mampu membangkitkan motivasi lebih ke para pemain-pemain utamanya pemain muda yang digabungkan di skuad PSM Makassar," ucapnya melalui channel youtube-nya.

Menanggapi pernyataan Bung Ropan ini, Husain Abdullah memberikan pandangan lain.

Menurutnya sudah tak diragukan lagi bahwa Bernardo Tavares memiliki kualitas 'internasional' untuk urusan taktikal.

Tapi baginya, sehebat apapun taktik seorang pelatih kalau pemainnya tak bisa mengikuti instruksi hasilnya tentu akan berbeda pula.

Halaman
123
Sumber: Tribun Timur
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved