Kementan Sebut Distribusi Jadi Hal Penting Capai Ketahanan Pangan di Sosialisasi Propaktani

Suwandi memberikan arahan pada webinar Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Propaktani, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Editor: Content Writer
DOK KEMENTAN
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengajak semua pihak bersama, berkontribusi terhadap upaya pencapaian ketahanan pangan 

DIREKTUR Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi memberikan arahan pada webinar Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Propaktani dengan tema Optimalisasi Pengelolaan Distribusi pada Industri Tanaman Pangan, Jakarta, Senin (12/9/2022).

Suwandi menekankan bahwa distribusi menjadi salah satu hal penting dalam mencapai ketahanan pangan.

Setelah mencapai tahap mampu memproduksi, maka pangan mesti didistribusikan secara baik agar tersedia bagi semua konsumen.

“Dengan distribusi pangan yang baik, diharapkan pangan dapat tersedia dalam jumlah yang cukup bagi masyarakat baik dari segi jumlah, mutu, dan keragamannya sepanjang waktu," kata Suwandi.  

Ia juga menjelaskan bahwa kecukupan pangan bagi masyarakat sangat penting karena berdampak pada terbentuknya ketahanan pangan dan pertumbuhan ekonomi.

Hal ini meliputi ketersediaan pangan secara terus menerus, merata di setiap daerah dan terjangkau oleh daya beli masyarakat.

"Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo yang mengajak semua pihak bersama, berkontribusi terhadap upaya pencapaian ketahanan pangan,” jelas Suwandi

Direktur Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi saat memberikan arahan pada webinar Bimbingan Teknis dan Sosialisasi Propaktani dengan tema Optimalisasi Pengelolaan Distribusi pada Industri Tanaman Pangan, Jakarta, Senin (12/9/2022).
Saat Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo Saat menghadiri Press Conference dan menyampaikan sambutannya . (DOK KEMENTAN)

CEO PT. Marine Asia Pasifik, Mudjiyono Ridjan mengatakan bahwa distribusi barang menjadi sebuah pengelolaan pemindahan barang secara efisien dari tempat pembuatan ke tempat penjualan atau konsumsi.

Manajemen distribusi sendiri terdiri dari kegiatan seperti pergudangan, penanganan bahan, pengemasan, pengendalian stok, pemrosesan pesanan, dan transportasi.

“Ketika kita mengelola sistem distribusi, kita harus melibatkan semua faktor dan pemangku kepentingan yang ada di dalam saluran distribusi,” kata Mudjiyono.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved