Tim Pengabdi Fakultas Teknik UNM Sosialisasi Pembelajaran Berbasis STEM di SMKN 10 Makassar

Kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM ini didasari munculnya era industri 4.0 yang membawa dampak di kehidupan manusia.

Editor: Waode Nurmin
Dokumentasi
Tim pengabdi Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan PKM Guru SMK melalui pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM di SMKN 10 Makassar. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Tim pengabdi Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar pelatihan PKM Guru SMK melalui pelatihan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM di SMKN 10 Makassar.

Salah satu anggota tim PKM Guru SMK, Hendra Jaya mengatakan, pelatihan ini bertujuan mendukung kemampuan literasi dan numerasi guru SMK.

Ia menjelaskan, kegiatan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis STEM ini didasari munculnya era industri 4.0 yang membawa dampak di kehidupan manusia.

"Globalisasi dan internasionalisasi ekonomi dan ilmu pengetahuan misalnya menuntut mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan (pendidikan tinggi) menyikapinya dengan sungguh-sungguh," jelasnya.

Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika FT-UNM ini mengatakan, revolusi Industri 4.0 telah mengubah landscape dunia.

Kemunculan supercomputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, nano teknologi hingga dikembangkannya kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) kata dia, mendorong manusia untuk selalu belajar dan menyesuaikan dengan perubahan.

"Hal ini ternyata sudah menjadi perhatian serius di hampir seluruh belahan dunia," katanya.

Menurutnya, di Indonesia sendiri, pengembangan kurikulum pendidikan tinggi diharapkan senantiasa mengacu pada dinamika kebutuhan masyarakat.

Dalam artian, lulusan perguruan tinggi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan di masyarakat atau stakeholders.

Permasalahan utamanya kata Hendra, pembelajaran di perguruan tinggi adalah bagaimana perencanaan dan kesiapan dosen untuk mengelola pembelajaran.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved