AS Roma

Apa Itu Financial Fair Play? Komitmen yang Dilanggar AS Roma dan Tujuh Klub Eropa Lainnya

Klub-klub yang dihukum tersebut yakni, AC Milan, Inter Milan, Juventus, AS Roma, PSG, AS Monaco, Marseille dan Besiktas. 

Editor: Muh. Irham
int
UEFA 

TRIBUN-TIMUR.COM - Sebanyak delapan tim mendapat hukuman dari UEFA karena dianggap melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). 

Klub-klub yang dihukum tersebut yakni, AC Milan, Inter Milan, Juventus, AS Roma, PSG, AS Monaco, Marseille dan Besiktas. 

Menurut UEFA dalam keterangan resminya, kedelapan klub tersebut menyetujui kontribusi keuangan sebesar 172 juta euro atau Rp 2,56 triliun.

Nantinya, uang tersebut akan dipotongkan dari pendapatan yang diperoleh klub-klub tersebut dari berpartisipasi kompetisi klub Eropa. 

Akan tetapi, dari 172 juta euro tersebut hanya 26 juta euro yang harus dibayar penuh oleh kedelapan tim, sedangkan sisanya adalah kondisi berdasarkan kepatuhan dengan target yang dinyatakan dalam perjanjian penyelesaian masing-masing.

Dengan kesepakatan itu, Milan telah diminta untuk membayar 2 juta euro dari total 15 juta euro, Juventus harus membayar 3,5 juta euro dari total 23 juta euro, Inter 4 juta euro dari total 26 juta euro dan Roma harus membayar 5 juta dari 35 juta euro denda mereka. 

Denda terbesar jatuh ke Paris Saint-Germain, yang harus membayar 10 juta euro dari 65 juta euro yang tercakup dalam perjanjian penyelesaian.

Sisa dari denda tersebut akan dibayarkan Monaco (0,3 juta euro dari 2 juta euro), Marseille (0,3 juta dari €2 juta euro) dan Besiktas (0,6 juta euro dari 4 juta euro). 

Sementara itu, tim lain seperti Napoli, Lazio, Barcelona, Chelsea, Leicester City, Manchester City, dan West Ham United, mereka lolos dari hukuman UEFA. 

Baca juga: Cara AS Roma Pagari Nicolo Zaniolo Agar tidak Hengkang ke Juventus

Baca juga: Kata Jose Mourinho Setelah AS Roma Hanya Menang 0-1 Atas Salernitana, Dybala Harusnya Cetak Gol

Klub-klub tersebut dilepas dari hukuman karena mengalami kerugian besar akibat pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir serta dianggap punya histori keuangan yang baik. 

Tapi mulai periode ini, keuangan klub-klub tersebut akan "dimonitor dengan cermat."

Tim lain yang merugi karena Covid-19 seperti Borussia Dortmund, FC Basel, Union Berlin, Fenerbahce, Feyenoord, Olympique Lyonnais, Glasgow Rangers, Real Betis, Royal Antwerpen, Sevilla, Trabzonspor dan VfL Wolfsburg juga dinyatakan bebas dari hukuman.  

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved