RS Unhas

RS Unhas Resmi Buka Unit Perawatan Intensif Penyakit Menular

Universitas Hasanuddin (Unhas) resmi memiliki unit perawatan intensif penyakit menular (Intensive Care Unit – ICU for Communicable Disease).

Penulis: Faqih Imtiyaaz | Editor: Sukmawati Ibrahim
Dok Unhas
Potret ruangan Unit Perawatan Intensif Penyakit Menular baru, Jumat (2/9/2022). Diketahui Universitas Hasanuddin (Unhas) resmi memiliki unit perawatan intensif penyakit menular (Intensive Care Unit – ICU for Communicable Disease) di Rumah Sakit Pendidikan Unhas.   

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) resmi memiliki unit perawatan intensif penyakit menular (Intensive Care Unit – ICU for Communicable Disease) di Rumah Sakit Pendidikan Unhas.

Direktur Utama RSPTN Unhas Dr dr St Maisuri Tadjuddin Chalid SpOG (K) menyampaikan unit perawatan tersebut merupakan program dari dies natalis ke-66 Unhas.

Unit perawatan intensif tersebut dikhususkan bagi penyakit yang sangat menular.

"Ini merupakan salah satu bantuan hibah dari JICA (Japan International Cooperation Agency) yang berhasil mentransfer teknologi sangat baik pada ICU bertekanan rendah. Secara umum, Unhas dan JICA telah lama menjalin kemitraan dalam berbagai hal," jelas dr Maisuri, Jumat (2/8/2022).

"Pembangunan Gedung iniberlangsung pada awal Januari. Awalnya disediakan untuk penanganan pasien Covid-19. Terima kasih atas dukungan yang diberikan JICA selama ini kepada Unhas dalam upaya peningkatan layanan pendidikan dan kesehatan,” sambungnya.

Ruangan ini dilengkapi dengan standar ICU dengan tekanan negatif yang baik.

Dr Maisuri menyakini standar ICU tersebut merupakan contoh terbaik saat ini di kota Makassar 

Mewakili JICA, Kentero Marsura menyebut bantuan ini awalnya dikhususkan untuk penanganan Covid-19.

"Kita perluas fungsi ruangan agar makin bermanfaat bagi masyarakat," ucap Kentero Marsura

Soft launching unit perawatan intensif penyakit menular ditandai dengan pengguntingan pita oleh Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa didampingi Direktur RSPTN.

Prof Jamaluddin Jompa (Prof JJ) menghanturkan ungkapan terima kasih atas kolaborasi baik antara RSPTN Unhas dengan JICA.

Ia mengatakan, Unhas akan berusaha lebih baik dan mendorong RS Unhas untuk menjadi rumah sakit terbaik melalui pelayanan kesehatan kepada masyarakat 

“Ini akan menjadi semangat baru bagi Unhas untuk terus hadir dalam membantu masyarakat. Kita mengharapkan ke depan dengan berbagai inovasi dan terebosan baru yang dihadirkan akan semakin memperkuat Unhas pada masa mendatang,” tutup Prof JJ. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved