Breaking News:

Parpol Lama Tak Keberatan Soal Pencatutan Anggota di Sipol KPU

NasDem Makassar dan Golkar Makassar mengaku tidak ambil pusing soal pencatutan nama yang diidentifikasi KPU Kota Makassar

Penulis: Siti Aminah | Editor: Waode Nurmin
TRIBUN TIMUR
Ketua Bappilu Golkar Makassar, Wahab Tahir mengatakan, pencatutan anggota biasa ditemukan dalam proses verifikasi administrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Pencatutan anggota partai politik banyak diidentifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar.

Pencatutan tersebut banyak dilakukan oleh partai politik (parpol) baru atau yang belum pernah mengikuti kontestasi Pemilu.

Pencatutan bisa masuk dalam kategori ganda eksternal (terdaftar di parpol lain).

Kendati demikian, KPU Kota Makassar belum bisa merilis data-data tersebut karena tahapan verifikasi administrasi masih sementara berlangsung.

Komisioner KPU Makassar, Gunawan Mashar mengatakan, verifikasi administrasi berlangsung hingga 5 September mendatang.

Setelah itu, data-data yang ada di 24 kabupeten kota akan dikirim ke KPU Provinsi untuk melihat berapa banyak parpol yang belum memenuhi syarat (BMS).

"Setelah itu direkap dan dikirim ke KPU Provinsi, KPU Provinsi ke KPU RI," ucap Gunawan Mashar, Rabu (31/8/2022).

Nantinya verifikasi administrasi perbaikan akan dilakukan usai rekap hasil verifikasi administrasi selesai.

Bagi parpol yang belum penuhi syarat maka dapat memperbaiki berkasnya dengan mengunggah surat pernyataan bahwa benar merupakan anggota parpol A jika diidentifikasi BMS karena ganda eksternal.

Juga disertai dengan Kartu Tanda Anggota (KTA) atau bukti lainnya yang menguatkan.

"Meskipun verifikasi administrasi perbaikan belum masuk tahapan, tapi Parpol sudah bisa bebas mengakses Sipol dan memperbaiki data-data yang dianggap BMS," jelasnya.

Terkait pencatutan anggota parpol ini, beberapa partai besar di Makassar tidak terlalu khawatir karena mereka punya cadangan banyak untuk menutupi data anggota yang ditolak KPU.

Partai Golkar misalnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Makassar, Abdul Wahab Tahir mengatakan, pencatutan anggota biasa ditemukan dalam proses verifikasi administrasi

Untuk mengantisipasi hal tersebut, partai harus siap dengan menyiapkan kader banyak agar bisa memenuhi syarat.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved