Pengabdian Masyarakat

FIKP Unhas Latih Petani Tambak Maros Buat Pakan Udang Vaname Rendah Protein

Bantuan mesin tersebut diserahkan oleh Prof Dr Ir Zainuddin MSi, Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat FIKP Unhas

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Muh. Irham
FIKP Unhas Latih Petani Tambak Maros Buat Pakan Udang Vaname Rendah Protein
dok FIKP Unhas
Dosen Fakiltas Ilmu Kelautan dan Perikanan Unhas memberikan pelatihan cara membuat pakan udang vename rendah protein kepada petani tambak Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Maros, Rabu (31/8/2022). Pelatihan tersebut dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat

TRIBUN-TIMUR.COM - Siang itu, wajah Sulkarnain Kepala Desa Nisombalia, Kecamatan Marusu, Maros, menampakkan raut bahagia. Pasalnya, dia beserta warganya yang tergabung dalam Kelompok Tani Tambak Maccini Sombala baru saja mendapat bantuan mesin pakan pellet dari Universitas Hasanuddin.

Bantuan mesin tersebut diserahkan oleh Prof Dr Ir Zainuddin MSi, Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Unhas.

“Mewakili masyarakat Desa Nisombalia, saya menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi atas kehadiran para dosen Unhas sekaligus berbagi pengetahuan cara membuat pakan udang dengan bahan baku yang ada di desa kami,” ujar Sulkarnain.

Zainuddin yang juga Guru Besar Biokimia Nutrisi Ikan saat menyerahkan bantuan menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat tersebut adalah rangkaian Dies Natalis Unhas ke 66 sekaligus kerjasama antara Unhas dan Pemerintah Daerah Kabupaten Maros.

Menurut Prof Caing –demikian pria kelahiran Maros 58 lalu itu disapa--, selain menyerahkan mesin pembuat pallet, tim FIKP Unhas juga memberikan pelatihan singkat pembuatan pakan udang vaname rendah protein.

‘’Sebenarnya pelatihan ini merupakan hasil penelitian dosen FIKP yang telah berapa kali diuji coba dalam skala kecil. Alhamdulillah, setelah dianggap sempurna, kami coba terapkan di masyarakat melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat ini. Semoga hasilnya dapat memperbaiki kualitas udang vaname petani petambak,’’ ucap Zainuddin.

Selain mendapat teori, para peserta pelatihan juga mendapat materi praktek langsung pembuatan pakan dengan mesin sederhana dari Ir Edison Saade MSc PhD, ahli pakan ikan Unhas.

Dia menjelaskan, bahan baku utama pembuatan pakan udang vaname ini antara lain tepung ikan, tepung dedak, tepung jagung, minyak nabati, kanji, mineral dan vitamin.

‘’Bahan-bahan baku pakan tersebut ini dibuat dalam bentuk pellet dengan kadar protein 30 persen,’’ jelas Edison. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved